Paiton Energy Hadirkan PLTS Atap di SMKN 54 Jakarta, Ramah Lingkungan 

Rabu, 22 Mei 2024 – 11:21 WIB
Penandatanganan kerja sama PT Paiton Energy dengan SMKN 54 Jakarta yang disaksikan wakil kepala Dinas Pendidikan Daerah Khusus Jakarta. Foto dok. PE

jpnn.com, JAKARTA - PT Paiton Energy (PE) menghadirkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 54 Jakarta. 

PE menghadirkan energi sangat minim karbon yang ramah lingkungan tersebut berupa Solar PV (Photovoltaic) di SMKN 54 Jakarta dalam bentuk 20 unit PLTS Atap dengan kapasitas 10 kWp.

BACA JUGA: Ibu Rumah Tangga Pamer ke Ganjar: Anak Saya Lulusan SMKN Jateng, Sekarang jadi Tentara, Pak

Presiden Direktur PT Paiton Energy Fazil Erwin Alfitri mengatakan Solar School PV merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan sebagai bentuk implementasi konsep Environmental, Sosial, and Governance (ESG). 

Juga sebagai kontribusi Paiton Energy untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

BACA JUGA: Perta Arun Gas Gelar Pelatihan Menjahit dan Kuliner di SMKN 2 Lhokseumawe

“Perusahaan percaya bahwa pendidikan dan lingkungan yang sehat merupakan fondasi yang penting bagi pembangunan berkelanjutan,” kata Fazil Erwin Alfitri, Rabu (22/5). 

Dia menjelaskan PE membangun PLTS Atap di SMKN 54 Jakarta sebagai bagian dari upaya perusahaan turut mendukung program pemerintah RI meningkatkan pemanfaatan energi terbarukan dan mengurangi emisi karbon. 

BACA JUGA: Ganjar Menginap di Rumah Waidah yang Direnovasi Lulusan SMKN Jateng

Juga mendukung program pemerintah daerah khusus Jakarta untuk pembentukan Sekolah Net Zero Carbon yang merupakan bagian dari mendukung Jakarta mencapai target Kota Nol Emisi Karbon (Net Zero Emission) pada 2050.

Program pengembangan itu dinamakan Solar School PV.

PLTS Atap tersebut mampu menyediakan listrik hingga sebesar 10 kW yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari di SMKN 54 Jakarta. 

"Selain itu, setiap bulan PLTS ini mampu mereduksi emisi CO2 sebesar 0,68 ton, dan setara dengan menanam satu pohon," terang Fazil Erwin Alfitri. 

Head of External Relations PT Paiton Energy Bambang Jiwantoro menambahkan kehadiran PLTS Atap di SMKN 54 diharapkan bisa memotivasi siswa dan sekolah untuk terlibat aktif dalam upaya pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) dan kelestarian lingkungan, serta aktif dalam pengurangan emisi karbon yang memicu terjadinya perubahan iklim.

“Pemanfaatan PLTS di sekolah menjadi langkah nyata dalam menciptakan masa depanberkelanjutan dan memberikan kontribusi bagi mitigasi perubahan iklim,” kata Bambang Jiwantoro. 

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 54 Jakarta Hamidah Nasir mengatakan kontribusi Paiton Energy bukan sekadar bantuan materi, tetapi juga merupakan investasi besar dalam masa depan pendidikan dan lingkungan sekolah.

"Kami berkomitmen menjaga dan memanfaatkan PLTS Atap ini sebaik mungkin, dan berharap menjadi contoh positif bagi sekolah lain dan masyarakat sekitar," kata Hamidah Nasir.

Staf Kesiswaan SMKN 54 Jakarta yang juga Direktur Sinergi (Sanggar Konservasi Energi) Mohamad Wafirul Hadi mengatakan akan menggunakan PLTS Atap ini sebagai alat untuk mengedukasi siswa tentang pentingnya konservasi energi dan pelestarian lingkungan. (esy/jpnn) 

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ganjar Menginap di Rumah Hasil Keringat Alumnus SMKN Jateng, Susilo Merasa Terhormat


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler