'Pak Anies Anggap Saya sebagai Orang Tuanya'

Kamis, 13 April 2017 – 08:04 WIB
Anies Baswedan. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, TASIKMALAYA - Ribuan alumni Ponpes Cipasung Tasikmalaya di Jakarta mendukung pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Mereka tergabung dalam Komunitas Alumni Cipasung (KAC) DKI Jakarta.

BACA JUGA: Ditanya Anies Soal Anak Putus Sekolah, Ahok Jawab...

Pimpinan Pondok Pesantren Cipasung KH Abun Bunyamin Ruhiat mengatakan, keputusan mendukung pasangan Anies-Sandi, setelah dirinya bersama KAC bertemu dengan Anies di kediaman Anies di Jalan Lebak Bulus Dalam II di Kelurahan Lebak Bulus Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan Selasa (11/4).

Pertemuan ulama kharismatik ini dengan mantan Mendikbud itu berlangsung satu jam. Mulai pukul 07.00-08.00.

BACA JUGA: Bahas Reklamasi, Debat Ahok Vs Anies Berlangsung Sengit

KH Abun mengaku tidak secara langsung mengintruksikan kepada para alumni Cipasung khususnya yang berada di DKI Jakarta untuk mendukung Anies-Sandi.

”Setelah saya menyampaikan doa dan dukungan kepada Pak Anies, ada langsung dampaknya ke KAC, ikut mendukung (Anies-Sandi, Red). Jadi tadinya mereka (KAC, Red) diam,” ujar KH Abun saat diwawancara di kediamannya, kompleks Ponpes Cipasung kemarin (12/4).

BACA JUGA: Pak Anies, Please Jangan Bohongi Rakyat soal Reklamasi

Lalu berapa pastinya jumlah anggota KAC di Jakarta? ”Saya kira sekitar ribuan (KAC DKI Jakarta, Red). Seluruh Indonesia ada ratusan ribu alumni Cipasung. Satu angkatan saja itu 7.000-an. Kemungkinan ada ribuan alumni KAC di DKI Jakarta,” ungkapnya.

Soal alasannya KH Abun dan KAC mendukung Anies-Sandi, karena mereka ingin DKI Jakarta dipimpin muslim. Terlebih masyarakat Jakarta mayoritas muslim.

KH Abun pun menyebut bahwa orang selain muslim juga memang mempunyai hak sebagai warga negara Indonesia untuk mencalonkan diri menjadi pemimpin.

Akan tetapi alangkah baiknya, Jakarta dipimpin oleh orang Islam, karena di wilayah DKI Jakarta sendiri mayoritas Islam.

Saat pertemuan di Jakarta, kata KH Abun, Anies meminta doa kepadanya agar sukses pada Pilkada DKI Jakarta. “Pak Anies meminta doa,” kata KH Abun.

KH Abun pun memberikan pesan kepada Anies ketika nanti terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta bisa mengayomi masyarakat, menjaga kemajemukan negara ini dan mampu menyatukan umat. “Mudah-mudahan Anies bisa menjadi Gubernur,” ungkapnya.

Sosok Anies, di mata KH Abun adalah seorang yang sederhana, agamis dan wibawa.

Kemudian Anies bisa diterima semua orang dan dari sisi keilmuan cukup mumpuni.

Menurut KH Abun, Anies pernah mengunjungi Ponpes Cipasung satu kali pada tahun 2014.

Anies bersilaturahmi dengan KH Abun saat itu. ”Pak Anies menganggap saya sebagai orang tuanya,” ungkap KH Abun. (dik)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ahok: Nuwun Sewu, Pak Anies...


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler