Pak Habibie Minta Anies-Sandi Jaga Demokrasi

Kamis, 26 Januari 2017 – 22:23 WIB
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno bertamu ke kediaman BJ Habibie, Kamis (26/1). Foto: Ist

jpnn.com - jpnn.com - Pasangan calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno bertemu Presiden Ketiga RI, Baharuddin Jusuf Habibie di kediamannya, Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan, Kamis (26/1).

Anies mengatakan, kedatangannya untuk bersilaturahmi.

BACA JUGA: Agus-Sylvi Dinilai Paling Siap Hadapi Debat Kedua

Bagi Habibie sendiri Anies-Sandi bukan orang asing di matanya. Sebab Sandiaga merupakan keponakan dari Habibie.

Sementara, dirinya sudah hubungan panjang dengan Habibie sejak masih duduk di bangku sekolah menengah atas.

BACA JUGA: PKS Pasang Mesin Turbo untuk Anies-Sandi

"Dan kita lapor bahwa kita berdua mendapat amanah dan mohon nasehat dari beliau," kata Anies, usai bertemu Habibie.

Dikatakan Anies, dalam pertemuan tersebut Habibie menyampaikan nasihat kepada pasangan Anies-Sandi.

BACA JUGA: OK OCE Sudah Lahirkan 1.150 Pelaku Ekonomi Baru

"Pertama Indonesia sekarang, kita jadi perhatian dunia. Dan demokrasi kita di Jakarta juga menjadi perhatian dunia," ungkap Anies.

Karenanya, kata Anies, Habibie berpesan agar keduanya menjaga hal itu.

Selanjutnya, lanjut Anies, Habibie juga berpesan agar pasangan Anies - Sandi memperhatikan persoalan produktivitas bangsa.

"Meningkatkan produktivitas masyarakat, dengan meningkatkan lapangan pekerjaan. Yang kedua adalah dengan meningkatkan kualitas manusia. Itu adalah dua program prioritas yang sekarang sedang kita dorong," kata dia.

Tak hanya itu, sambung Anies, Habibie juga berpesan dalam debat yang berlangsung besok merupakan kesempatan untuk menyampaikan pendidikan politik kepada warga.

"Karena itu dimanfaatkan bagi semuanya untruk memberikan pertunjukan politik agar demokrasi kita menjadi lebih baik," ungkapnya.

Sementara, cawagub Sandiaga Uno mengatakan, dirinya dan Anies Baswedan sedikit terkejut ketika BJ Habibie mengangkat isu kualitas sumber daya manusia dan neraca jam kerja.

Menurut Sandiaga, program Anies-Sandi mengenai pendidikan berkualitas, tuntas dan terjangkau juga diangkat dan dibicarakan secara spesifik oleh BJ Habibie.

Tak lupa, kata Sandiaga, Habibie juga berpesan agar pasangan Anies-Sandi meningkatkan kemampuan tenaga kerja di Indonesia.

"Jadi produktivitas yang kita dorong melalui kewirausahaan dan beliau juga menyarankan bahwa banyak dunia mempertanyakan apakah demokrasi dan Islam itu bisa disandingkan," tutur Sandiaga.

Habibie, tambah Sandiaga, juga menitipkan kepada Anies-Sandi untuk menunjukkan kepada dunia Jakarta adalah contoh kongkret, bahwa Islam dan demokrasi bisa bersandingan.

"Dan keberagaman itu harus diikat dalam suatu persatuan. Itu yang dititipkan ke kita, jadi harapan di debat besok nanti," pungkasnya. (ipk/rmol)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ups! Ahok Sentil Program Rumah Apung ala Agus


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler