Pak Jokowi Dianggap Negarawan, Tak Mungkin Berpihak di Pilpres 2024

Kamis, 03 November 2022 – 20:09 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi. Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sosok yang negarawan dan tidak mungkin berpihak ke satu tokoh tertentu pada Pilpres 2024.

Viva menyatakan itu untuk menanggapi pernyataan Jokowi yang memberikan restu ke Menhan RI Prabowo Subianto dalam sebuah acara di Kemayoran, Rabu (2/11). 

BACA JUGA: Kasus Pembunuhan Sadis di Depok, Keluarga Ungkap Fakta Mengejutkan, Tak Disangka

Beberapa kader Gerindra menganggap pernyataan dukungan itu tidak hanya berkaitan soal kerja di kabinet, melainkan kepada urusan pencapresan. 

"Saya yakin sebagai negarawan, Pak Jokowi akan mendukung semua paslon dan menjaga agar kontestasi pilpres berlangsung secara luber, jurdil, berintegritas, dan berkualitas," kata Viva saat dihubungi, Kamis (3/11). 

BACA JUGA: Mutilasi Putri Kandung Sendiri, Robi Dituntut Hukuman Mati

Dia hanya menganggap pernyataan dukungan Jokowi ke Prabowo sebatas restu kepala negara agar eks Danjen Kopasuss itu bisa berkontestasi pada Pilpres 2024.

Toh, kata Viva Yoga, mencalonkan diri di Pilpres 2024 menjadi hak asasi Warga Negara Indonesia yang dijamin konstitusi. 

BACA JUGA: Jokowi Mesti Berterima Kasih kepada Megawati, Mustahil Dukung Capres Bukan dari PDIP

"Sikap Presiden Jokowi merestui pencalonan Pak Prabowo untuk maju di pilpres 2024 adalah sikap yang bijak dan negarawanan," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjawab pertanyaan media tentang pernyataan Presiden Jokowi yang mendukung Menhan Prabowo Subianto.

Dasco menganggap pernyataan dukungan Jokowi kepada Prabowo itu bukan sekadar di sektor pemerintahan. 

Wakil Ketua DPR RI itu memaknai pernyataan dukungan dari Jokowi berkaitan dengan Pilpres 2024.

Terlebih lagi, Prabowo memang sudah didukung Gerindra sebagai capres.

"Jadi menurut saya yang dimaksud dukungan itu, ya, pencapresan, ya, pertahanan dan kerja-kerja yang dilakukan Pak Prabowo selama ini," kata Dasco ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/11). 

Dia melanjutkan kader Gerindra tentu menjadi bersemangat untuk memenangkan Prabowo pada kontestasi Pilpres 2024 setelah muncul pernyataan dukungan dari Jokowi. 

"Kalau semangat, kami dari awal kader-kader di daerah semangat mendukung Pak Prabowo sebagai capres, dan tentunya dengan dukungan yang baru saja disampaikan, akan menjadi penyemangat yang lebih kepada kader-kader di daerah," ujar Dasco. 

Jokowi sebelumnya menjawab pertanyaan awak media soal restunya untuk Prabowo untuk maju sebagai calon presiden (capres) Pemilu 2024.

Pertanyaan itu dilontarkan seusai Jokowi bersama Prabowo menghadiri Indo Defence Expo and Forum 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (2/11). 

Jokowi memakai isyarat saat menjawab pertanyaan restu untuk Prabowo. Kepala negara mengaku mendukung Prabowo di konteks pemerintahan.

"Sejak awal saya menyampaikan mendukung beliau (Prabowo)," ujar Jokowi di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu. 

Prabowo yang mendampingi Jokowi saat menjawab pertanyaan awak media lantas menimpali pernyataan dukungan tadi. 

"Ini (soal, red) pertahanan," kata Prabowo. (ast/jpnn) 


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler