Pak Luhut Panjaitan Menyampaikan Apresiasi

Kamis, 22 Juli 2021 – 09:33 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi kegiatan vaksinasi Covid-19 oleh swasta. Foto: Instagram/luhut.pandjaitan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengapresiasi inisiatif pihak swasta yang melakukan vaksinasi kepada para pelaku UMKM digital dan pendukungnya seperti e-commerce dan logistik.

Menurut Koordinator Pelaksanaan PPKM Darurat di Jawa-Bali itu, menjalankan protokol kesehatan secara disiplin dan mempercepat program vaksinasi adalah solusi terciptanya herd immunity.

BACA JUGA: Menurut Ruhut, Ada Menteri Berani Mendahului Luhut Pandjaitan, Waduh

"Kami mendukung penuh inisiatif program vaksinasi untuk pahlawan ekonomi digital ini," kata Menko Luhut Panjaitan melalui keterangan persnya, Kamis (22/7).

Luhut mengatakan kegiatan itu penting untuk mempercepat akses vaksinasi bagi pelaku UMKM, konsumen e-commerce, dan masyarakat, terutama bagi pekerja dan kurir di logistik.

BACA JUGA: Rumah S alias LIS Digerebek, Polisi Menemukan Tas Ransel di Loteng, Isinya Mengejutkan

Sebab, katanya, mereka merupakan pejuang garda terdepan di salah satu sektor kritikal selama periode PPKM Darurat ini.

"Peran mereka sangat penting untuk membantu masyarakat tetap bisa memenuhi kebutuhannya sambil tetap di rumah saja," ucapnya.

BACA JUGA: Robert Membeber Temuan Mencengangkan soal TWK Pegawai KPK, Oalah

Dia berharap inisiatif swasta itu bisa membantu pencapaian target vaksinasi Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah.

Menurut data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), hingga 21 Juli 2021 pukul 12.00 WIB, penerima vaksinasi dosis pertama di Indonesia baru 42.611.602 orang, atau 20,46 persen dari total target 208.265.720 orang.

Sementara itu, penerima dosis kedua baru mencapai angka 16.606.675 orang, atau 7,97 persen.

Di Jawa Barat sendiri, sumber yang sama memperlihatkan bahwa penerima vaksin dosis pertama saat ini mencapai 5.079.864 orang, atau sekitar 13,40 persen dari total target 37.907.814 orang.

Untuk penerima dosis kedua di Jabar telah mencapai 2.297.494 orang atau sekitar 6,06 persen dari target.

Program Vaksinasi untuk Pahlawan Ekonomi Digital merupakan kerja sama antara pemerintah dengan sektor swasta, yakni Lazada Indonesia (Lazada) dan Good Doctor Indonesia (Good Doctor).

Kegiatan vaksinasi saat PPKM Darurat ini dilaksanakan secara serentak di beberapa provinsi di Indonesia pada 12-27 Juli 2021, termasuk di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Bali.

Gubernur Jawa Barat juga mengapresiasi diselenggarakannya Sentra Vaksin untuk Pahlawan Ekonomi Digital di fasilitas logistik Lazada di Cimanggis, Depok, sebagai bagian dari dukungan pihak swasta dalam mempercepat vaksinasi masyarakat di provinsi itu.

"Kami berharap inisiatif serupa juga bisa dilaksanakan perusahaan lain demi kita bisa lalui pandemi ini bersama," ucap Gubernur Ridwan Kamil. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler