Pak Polisi, di Tempat Wisata Ini Banyak Pemalak

Jumat, 04 Maret 2016 – 03:30 WIB
Daerah wisata ini setiap malam banyak pelaku pemalakan berkeliaran. Foto: Batampos/JPNN

jpnn.com - BATAM - Bukit Clara atau Bukit Welcome to Batam memang menjadi salah satu spot wisata bagi turis maupun warga Batam yang ingin bertamasya. Namun siapa sangka bukit yang masuk dalam Ruang Tata Hijau (RTH) Kota Batam itu malah dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

Berbagai cara dilakukan oknum-oknum tersebut. Ada yang mengatasnamakan juru parkir, juru keamanan, uang kebersihan hingga menarik retribusi liar lainnya. Ironisnya, bukit yang menjadi ikon Kota Batam ini juga dimanfaatkan oleh oknum tersebut untuk memalak wisatawan yang berkunjung di sana.

BACA JUGA: WOW, Kejaksaan Endus Korupsi DKP Rp 100 Miliar

Yanti dan Heni, dua orang siswi salah satu SMA di Batam ini mengaku pernah dipalak oleh seseorang yang mengaku sebagai petugas keamanan. Saat itu, kedua siswi ini dimintai untuk membayar sejumlah uang agar bisa masuk ke lokasi tersebut. "Katanya uang keamanan, harus bayar Rp 5.000," ujar seperti dikutip batampos.co.id (grup JPNN), Jumat (4/3).

Usai membayar uang yang diminta, mereka pun memarkirkan motornya. Namun saat tengah asik mengambil foto, dua orang pemuda tidak dikenal lainnya datang menghampiri. Sama dengan pemuda sebelumnya, mereka meminta uang Rp 5.000. Meski tak sampai diancam, namun permintaan itu terdengar memaksa.

BACA JUGA: Harus Ada Aturan Agar Tujuh Naga di Sekitar Danau Toba Rukun

"Tadi udah bayar bang," ujar Heni. "Kan itu uang masuk, sekarang uang parkir," kata penarik uang parkir tersebut seperti dikutip dari batampos.co.id (grup JPNN), Jumat.

Hal senada juga diungkapkan Rudi, warga Bida Asri I Batamcentre. Ia yang tengah berdua bersama pacarnya di Bukit Clara dipalak oleh seseorang yang mengaku sebagai petugas keamanan. "Padahal kami cuma ngambil foto, dibilang mesum. Mereka maksa minta uang Rp 50 ribu," kesalnya.

BACA JUGA: Ternyata Kabar Penemuan Ular Bertanduk itu Hoax!

Merasa tak berbuat mesum, Rudi sempat menolak membayar uang yang diminta tersebut. Namun bukannya pergi, pria yang berlagak preman itu malah memanggil dua orang temannya. Adu mulut pun sempat terjadi, takut memperpanjang masalah, Rudi pun dengan terpaksa membayar uang yang diminta. 

"Kau mau selamat nggak. Udah salah ngeyel terus," kata Rudi menirukan ucapan mereka.

Kanit Reskrim Polsek Batamkota AKP Rianto mengaku sering menerima laporan pemalakan di Bukit Clara. Ia mengaku sudah mengantisipasi pemalakan dengan cara patroli sore dan malam. Bahkan, pintu masuk ke Bukit Clara pun pernah ditutup polisi. Namun tetap saja masih ada yang membuka akses kesana.

"Kita tetap razia. Himbauan kita jangan bermain di sana itu untuk menghindari pemalakan," ucapnya. (rng/ray/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ular Berkaki Dikabarkan Dibunuh Warga


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler