Pameran CIEIE-EPSE Perkuat Hubungan Strategis Indonesia-China

Rabu, 27 September 2023 – 15:45 WIB
Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kemenparekraf Vinsensius Jemadu mengatakan pameran CIEIE dan Indonesia EPSE 2023 akan mempertemukan para pelaku usaha Indonesia dan China. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pameran e-commerce bertajuk China International E-commerce Industry Expo (CIEIE) dan Indonesia E-commerce Production Sourcing (EPSE) 2023, mempertemukan para pelaku usaha kedua negara.

Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kemenparekraf Vinsensius Jemadu mengatakan acara tersebut memberikan kesempatan para pelaku usaha untuk saling bertukar informasi dan pengalaman.

BACA JUGA: Pameran Sewindu PSN, BAKTI Kominfo Beberkan Capaian Satelit Satria-1

"Acara ini memperkuat hubungan strategis antara Indonesia dan China dalam perdagangan," kata Vinsensius, dalam keterangannya yang diterima JPNN.com, Rabu (27/9).

Dia menambahkan industri e-commerce memberikan peluang untuk memacu perekonomian Indonesia di masa pemulihan setelah pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Pameran Produk Premium Korea Terbesar di Indonesia Ditutup Besok, Buruan ke JCC

Menurutnya, perilaku konsumen telah berubah adanya paradigma dari aktifitas ekonomi offline ke online.

"Belanja online menjadi bagian kehidupan masyarakat, saat ini produk dari Sabang dapat dinikmati oleh masyarakat Merauke berkat e-commerce," lanjutnya.

BACA JUGA: Pameran IEE Series 2023 Resmi Dibuka, Dorong Terciptanya Industri Berkelanjutan

Sementara itu, Seketaris China Council for the Promotion of International Trade (CCPIT) Commercial Sub-council Ren Guiying mengatakan acara CIEIE-EPSE 2023 bertepatan dengan peringatan 10 tahun pembentukan kemitraan strategis antara Indonesia dan China, serta peringatan 10 tahun peluncuran inisiatif One Belt One Road (OBOR). 

“Acara ini bertujuan untuk mengadakan industri e-commerce lintas negara untuk mempererat kerja sama perdagangan antara Indonesia dan China," kata Ren Guiying.

Dia menjelaskan CIEIE-EPSE 2023 merupakan bentuk kerja sama antara Indonesia dan China, untuk membangun bersama e-commerce, mendukung perusahaan kedua negara berkolaborasi di seluruh rantai industri e-commerce.

Selain itu, m emperluas kerja sama ekonomi digital, serta melakukan pelatihan dan penelitian e-commerce bersama.

“Kerja sama ini untuk pembangunan berkelanjutan antara kedua negara, serta bersama-sama dan pembangunan daerah di kedua negara," lanjutnya. 

Acara CIEIE-EPSE 2023 sendiri berlangsung 25 - 27 September 2023, di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. 

Produk yang ditampilkan dalam pameran tersebut antara lain barang-barang teknologi cerdas, fashion, perawatan kecantikan, perlengkapan hewan peliharaan, kebutuhan ibu dan anak, suku cadang otomotif, peralatan kantor, makanan dan produk pertanian, energi terbarukan, serta perlengkapan luar ruangan.(mcr8/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler