Pameran IndoBuildTech 2024 Manfaatkan Fasilitas Kepabeanan Ini

Selasa, 13 Agustus 2024 – 13:58 WIB
Pameran IndoBuildTech Expo 2024 Part 2 kembali digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang pada pada 7-11 Agustus 2024. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, TANGERANG - Pameran IndoBuildTech Expo 2024 Part 2 kembali digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang pada pada 7-11 Agustus 2024.

Terdapat 500 brand terkemuka nasional dan internasional dari Tiongkok, Jepang, Korea, Latvia, Thailand, Vietnam hingga Malaysia ikut berpartisipasi pada ajang itu.

BACA JUGA: Bea Cukai Malili Gelar Operasi Gempur Rokok Ilegal, Menyasar Sejumlah Pasar dan Toko

Pameran tersebut rupanya memanfaatkan salah satu fasilitas Bea Cukai, yakni Tempat Penyelenggaraan Pameran Berikat (TPPB).

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Banten, Rahmat Subagio mengatakan TPPB adalah fasilitas yang memungkinkan penimbunan barang impor dengan tujuan untuk dipamerkan tanpa dikenakan bea masuk dan pajak dalam jangka waktu tertentu.

BACA JUGA: Bea Cukai Tingkatkan Pelayanan Lewat Program CVC

"PT IIE berstatus sebagai tempat penyelenggaraan pameran berikat (TPPB) di bawah pengawasan Kanwil Bea Cukai Banten. Fasilitas ini memungkinkan penggunanya mendapatkan penangguhan bea masuk dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor (PDRI) terhadap barang yang diimpor untuk tujuan pameran," kata dia.

Fasilitas TPPB mencakup kemudahan pelayanan perizinan dan pemeriksaan pabean yang dilakukan secara selektif berdasarkan manajemen risiko.

BACA JUGA: Kenali 5 Ciri Rokok Ilegal, Silakan Disimak Penjelasan dari Bea Cukai

"Fasilitas kepabeanan ini juga memberikan berbagai kemudahan pelayanan perizinan dan kegiatan operasional. Hal ini diwujudkan salah satunya dengan dilakukannya pemeriksaan pabean di tempat penimbunan secara selektif berdasarkan manajemen risiko, agar kelancaran arus barang tetap terjamin," tambah Rahmat.

Dia menyebutkan untuk memanfaatkan fasilitas TPPB, pengusaha TPPB harus mengajukan izin penyelenggaraan pameran dengan melampirkan rencana jenis dan jumlah barang yang akan dipamerkan.

Dia berharap fasilitas tersebut dapat memudahkan operasional pameran.

“Bea Cukai, khususnya Kanwil Bea Cukai Banten, terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan pengguna jasa. Dengan pameran ini, diharapkan fasilitas yang diberikan dapat meningkatkan promosi industri dalam negeri dan menarik minat masyarakat terhadap pameran internasional,” tutup Rahmat. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bea Cukai Yogyakarta Menindak Mobil yang Bawa Rokok Ilegal Sebanyak Ini di Kulonprogo


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler