Pancasila Festival, Ingatkan Kaum Muda tentang Ideologi dan Dasar Negara

Sabtu, 01 Juni 2019 – 23:45 WIB
Penyelenggaraan Festival Pancasila. Foto : Ist

jpnn.com, JAKARTA -  

Relawan Milenial Jokowi – Amin ( Remaja ) mengadakan kegiatan khusus bertepatan dengan  hari lahir Pancasila.

BACA JUGA: GERCIN: Masyarakat Harus Bersatu Merawat NKRI Sesuai Ideologi Pancasila

Sekjend Remaja Dhika yudistira menyampaikan pada 1 Juni 1945, kata Pancasila  pertama kali diperkenalkan Bung Karno dan para tokoh bangsa saat sidang BPUPKI .

Setelah itu Pancasila menjadi ideologi dasar negara Indonesia. Namun, dia menyayangkan dasar negara itu kini diabaikan generasi milienial.

BACA JUGA: Pancasila dan Ancaman Amplifikasi Hoaks

"Kini, 1 Juni 2019, yang tersisa tampaknya sebatas seremonial saja. Generasi milenial pun lupa  akan apa makna sebenarnya Pancasila apalagi penerapannya di kehidupan sehari-hari. Mungkin millennial perkotaan melihat Pancasila hanya sebatas ornamen saja dan sementara  millenial pedesaan mungkin menilai Pancasila hanya tinggal angan – angan saja sehingga  dengan mudah ideologi masuk ke Indonesia. Oleh karena itu kami juga meminta kepada  pemerintah untuk lebih menekankan nilai-nilai Pancasila sehingga ke depannya Indonesia  tanpa ada konflik ideologi," ujar Dhika.

Sementara itu Keni Novandri selaku ketua bidang menambahkan bertepatan dengan hari lahir Pancasila ini, pihaknya menggelar Remaja Festival : “The
Nerve of Millenial”.

BACA JUGA: Pagi Ini PNS Boleh Upacara Hari Lahir Pancasila di Kampung Masing - masing

Yaitu rangkaian acara yang akan berlangsung dari hari  1 juni  (hari lahir Pancasila) hingga 1 Oktober (Hari Kesaktian Pancasila).

"Di mana rangkaian program ini akan dilakukan oleh duta remaja se-Indonesia dengan bungkusan acara millennial agar Pancasila menjadi urat nadi para remaja atau millennial dalam kehidupan sehari-hari," ujar Keni.

Acara Pancasila Festival ini di antaranya mengenai silahturahmi Pancasila; di mana acara ini  akan silahturahmi dan QnA untuk mengajak para tokoh masyarakat, partai, pejabat negara untuk bersama-bersama membumikan Pancasila dan menggagas rekonsiliasi nasional.

"Serta kami akan membuat KOPI Remaja (kongkow Pancasila dan Indonesia), FGD, pelatihan, lomba YouTube, meme yang bertemakan Pancasila, acara
pagelaran budaya, membangun kampung Pancasila dan banyak acara lainnya," pungkas Keni. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PNS yang Bolos Upacara Tunjangan Kinerjanya Dipotong 2 Persen


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler