Pandemi Covid-19, Anda Perlu Berhati-hati Saat Menjalankan 6 Aktivitas Ini

Infografis

Jumat, 01 Mei 2020 – 11:00 WIB
Infografis KLHK seputar tips aktivitas selama masa pandemi covid-19. Foto: Ilustrasi dok. KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terus berupaya mengingatkan masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19.

Pasalnya, saat ini jumlah pasien positif corona terus bertambah di Indonesia disusul dengan peningkatan jumlah kematiannya.

BACA JUGA: Menteri Siti Hemat Anggaran KLHK Rp 1,5 Triliun di Tengah Pandemi Corona

Masyarakat sebenarnya cukup mengikuti sejumlah tips sederhana agar terhindar dari penularan virus berbahaya ini yaitu Social Distancing dan Physical Distancing. (jpnn)

Berikut ini ada enam aktivitas harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian oleh masyarakat selama masa pandemi covid-19 menurut infografis KLHK.

BACA JUGA: KLHK Tetapkan Peta Indikatif Penghentian Pemberian Izin Baru Tahun 2020

1. Berbelanja di Tempat Umum

BACA JUGA: KLHK Alokasikan RP 1,01 Triliun Untuk Bantu Masyarakat dan Petani Hutan Terdampak Corona

Masyarakat mau tidak mau ada yang masih harus berbelanja ke pasar maupun toko sembako untuk memenuhi kebutuhan hidup
sehari-hari.

KLHK mengingatkan agar menjaga jarak di tempat perbelanjaan. Hindari antrean panjang dengan jarak dekat di seputar kasir. Jika
dimungkinkan buatlah jarak tertentu selama mengantre.

Alangkah baiknya berbelanja kebutuhan untuk persediaan dalam waktu lama sehingga tidak harus selalu pergi ke pasar ataupun pusat perbelanjaan.

2. Makan di Restoran/Warung Makan

Alangkah baiknya jika kita memesan makanan di warung atau restoran untuk dibawa pulang dan disantap di rumah.

Namun, jika terpaksa harus makan di tempatnya langsung, jangan lupa duduk dengan berjaga jarak. Di mana pun berada, jangan lupa mencuci tangan dengan bersih sebelum makan.

3. Bermain di Taman

Masih ada warga yang menghabiskan waktu di taman dekat rumah untuk mengusir kebosanan karena seharian di rumah. Namun, ingat tetap menjaga jarak dengan orang sekitar, meski itu tetangga anda sekalipun di taman.

Pasalnya, saat ini banyak orang tanpa gejala (OTG) yang menjadi carrier, si pembawa virus. Karena itulah masyarakat harus tetap berhati-hati.

4. Membeli makanan di luar

Belakangan, banyak imbauan agar memasak sendiri di rumah adalah langkah tepat yang bisa kita lakukan selama masa pandemi.

Hal ini agar kita bisa tahu tingkat kematangan makanan yang dimasak. Namun, apabila terpaksa harus membeli makanan di luar,
pilihlah makanan yang sehat di masak. Bukan makanan olahan yang masih mentah.

Jangan lupa mencuci tangan sesudah membuka bungkusan makanan dan sebelum makan.

5. Bermain dengan Hewan

Hingga saat ini belum ada bukti bahwa hewan peliharaan bisa menyebarkan virus corona ke hewan lain atau kepada manusia. Karena itu, saat pandemi COVID-19 tidak perlu memisahkan hewan peliharaan satu sama lain.

Namun, jangan lupa juga untuk tetap rajin memandikan hewan peliharaan. Selain itu, usai aktivitas bermain dengan peliharaan kesayangan Anda jangan lupa untuk mencuci tangan hingga bersih.

6. Membeli Obat di Apotek

Banyak orang menjadi paranoid sejak munculnya wabah covid-19. Berbagai bacaan seputar obat-obatan penyembuh corona beredar di media sosial.

Namun, jangan mudah percaya begitu saja. Jika Anda merasa kesehatan terganggu dan membutuhkan obat, maka berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter.

Jika Anda takut ke dokter atau rumah sakit, bisa juga mengakses sejumlah situs kedokteran yang kini melayani tanya jawab lewat daring.

Jika pergi ke dokter pun rawan bagi Anda jangan khawatir karena saat ini sudah ada aplikasi-aplikasi tertentu yang melayani
pembelian obat di apotek berdasarkan pesanan.

Anda di rumah saja biar obat dari apotek diantarkan langsung oleh kurir. 


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler