Pandemi Covid-19, Penerimaan Negara dari Bea Cukai Bali Nusra Melebihi Target

Jumat, 27 November 2020 – 02:00 WIB
Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Bali, NTB dan NTT (Kakanwil DJBC Bali Nusra) menerima kedatangan kunjer Komisi XI DPR yang dipimpin Wakil Ketua Amir Uskara. Foto: Humas Bea Cukai.

jpnn.com, BADUNG - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Bali, NTB dan NTT (Kakanwil DJBC Bali Nusra) Hendra Prasmono dan jajaran menyambut kedatangan rombongan Komisi XI DPR, yang melakukan kunjungan kerja (kunker).

Kunker yang dipimpin Wakil Ketua Komisi XI DPR Amir Uskara, itu dalam rangka meninjau proses bisnis pengawasan otoritas kepabeanan dan cukai pada Terminal Kedatangan Internasional Ngurah Rai.

BACA JUGA: Bea Cukai Bali Nusra Tetap Patroli Laut di Tengah pandemi

Kunjungan diawali dengan mendatangi Customs Lounge, dilanjutkan ke Customs Area.

Mulai dari area loket penyerahan Customs Declaration, area penjaluran green line / red line penumpang.

BACA JUGA: BPK Apresiasi Kinerja Bea Cukai Menjaga Penerimaan Negara

"Serta area X-Ray dan area meja tumbang (meja pemeriksaan barang bawaan penumpang),” ungkap Hendra.

Kedatangan para legislator Komisi XI DPR ini juga untuk meninjau persiapan penerbangan perdana internasional pada masa pandemi Covid-19 yang akan segera dibuka kembali dalam waktu dekat.

BACA JUGA: Bea Cukai Dorong Kinerja Ekspor Demi Perbaikan Ekonomi Akibat Pandemi

Komisi XI bertandang ke Kanwil DJBC Bea Bali Nusra, disambut Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengawasan Pajak, Nufransa Wira Sakti dan Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Bali, Goro Ekanto, beserta jajarannya. 

Nufransa menyampaikan beberapa capaian penerimaan negera oleh beberapa kanwil di bawah Kemenkeu khususnya di wilayah Bali.

Salah satunya adalah Kanwil DJBC Bali Nusra yang realisasi penerimaannya per pertengahan November 2020 telah melebihi target yaitu mencapai angka 104,83 persen.

“Saya sangat mengapresiasi capaian Kanwil Bea Cukai Bali Nusra. Walaupun di tengah pandemi Covid-19 Bea Cukai tidak hanya melaksanakan tugasnya, namun juga menjadi penghubung beberapa pengusaha-pengusaha ekspor dan turut mendukung UMKM dengan optimalisasi fasilitas di bidang kepabenan dalam rangka pemulihan ekonomi nasional," ujar Nufransa.


Amir Uskara sangat mengapresiasi jajaran Kemenkeu.

Ia menyampaikan bahwa ada sejumlah hal yang menjadi perhatian Komisi XI DPR.

"Kinerja dari jajaran Kementerian Keuangan Provinsi Bali yang walaupun ditengah pandemi Covid-19 ini tetap bisa melaksanakan tugas dengan baik dan maksimal," kata dia.

Namun, Amir berharap tetap harus memperhatikan protokol kesehatan.

Ini mengingat kesehatan adalah hal yang paling utama dalam menjalankan tugas-tugas.

Dia berharap semoga sektor penerimaan maupun dari lainnya yang menjadi tugas Kemenkeu Bali Nusra dapat terus meningkat.

"Kami dari DPR RI akan terus mensupport dan akan melakukan pengawasan apabila ada hal-hal yang perlu dikoreksi dan didiskusikan bersama," jelas dia. (*/jpnn)

 

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler