Putra Mahkota Inggris, Pangeran Charles dan istrinya Camilla akan melawat ke Australia dan Selandia Baru selama 12 hari bulan November.

Kedatangan pasangan penerus tahta Kerajaan Inggris itu akan disambut Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull, yang dikenal sebagai pendukung kuat agar Australia berubah menjadi Republik.

BACA JUGA: Pasien Kanker Ini Ubah Kemoterapi Jadi Foto yang Menghibur

Pangeran Charles dan Camilla akan berkunjung ke Adelaide, Canberra, Sydney, Albany dan Perth selama berada di Australia dari 10-15 November.

Turnbull, yang sebelumnya adalah ketua Gerakan Republik Australia dan pengarang dari dua buku mengenai masalah tersebut, sudah mengeluarkan pernyataan bahwa dia akan menyambut baik kedatangan anggota keluarga kerajaan Inggris tersebut, yang secara resmi masih menjadi kepala negara Australia.

BACA JUGA: Picu Kontroversi Pengurus Sekolah Muslim di Adelaide Dibubarkan

"Lucy dan saya akan menyambut baik kedatangan Pangeran dan istrinya," kata Turnbull.

Sebelumnya, Turnbull pernah memberikan komentar mengenai keluarga kerajaan Inggris yang disebutnya sebagai 'selebriti", dan pengaruh mereka tidak cukup kuat untuk dipertahankan sebagai kepala negara Australia.

BACA JUGA: Korsel Akan Ganti Buku Sejarah SMA dengan Buku yang Disetujui Pemerintah

Turnbull juga mengkritik referendum yang gagal di tahun 1999 untuk menjadikan Australia republik.

Kunjungan keluarga kerajaan ini terjadi kurang dari dua bulan setelah mantan Menteri Perbendaharaan Negara (Treasurer) Australia Joe Hockey - yang juga teman dekat Turnbull - membentuk Kelompok Persahabatan Parlemen untuk menghidupkan kembali debat mengenai apakah Australia harus menjadi republik.

Pangeran Charles dan Camilla yang mendapat gelar Duchess of Cornwall akan menghadiri upacara 100 tahun pendaratan tentara Australia di Gallipoli (Turki) dengan berkunjung ke Pusat Anzac Nasional di Albany (NSW).

Mereka juga akan berkunjung ke kota Tanunda di Australia Selatan, dimana anggota keluarga kerajaan tersebut akan bisa merasakan kehidupan di wilayah pedesaan Australia.

Charles akan merayakan ulang tahunnya yang ke-67, pada tanggal 14 November, dengan menghadiri acara BBC di pantai Cottesloe (Australia Barat) dengan warga Australia lainnya.

Ini adalah kunjungan Charles ke-15 kalinya ke Australia dan kesembilan ke Selandia Baru.

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polisi Gold Coast Berhasil Tangkap Penembak Berkat Aplikasi Ponsel

Berita Terkait