Keluarga kerajaan Inggris mendapatkan tambahan anggota baru dengan lahirnya Lilibet "Lili" Diana Mountbatten-Windsor, putri perempuan pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Lilibet lahir hari Jumat kemarin (04/06) di Rumah Sakit Santa Barbara Cottage Hospital, California, disaksikan oleh Pangeran Harry yang menyandang gelar Duke of Sussex.

BACA JUGA: Meghan Markle Lahirkan Anak Kedua, Begini Reaksi Keluarga Kerajaan Inggris

Nama Lilibet diberikan sebagai penghormatan terhadap nenek Pangeran Harry yaitu Ratu Elizabeth II. 

Nama tersebut adalah nama kecil Ratu Elizabeth.

BACA JUGA: COVID-19 di Tiongkok: Kasus Baru Meningkat, Flu Burung Ditemukan di Manusia, WHO Setujui Vaksin Sinovac

Sementara nama Diana diberikan untuk mengenang mendiang ibunya.

"Pada tanggal 4 Juni, kami bersyukur dengan hadirnya putri kami Lili," kata Harry dan Meghan dalam unggahannya di situs mereka yang bernama Archewell.

BACA JUGA: Total Lockdown di Malaysia, Warga Pendatang Jadi Target

"Dia lebih dari apa yang pernah kami bayangkan, dan kami bersyukur atas doa dan ucapan kasih yang kami rasakan dari seluruh dunia."

Melalui unggahan tersebut, mereka juga menyampaikan "terima kasih atas kebaikan dan dukungan yang terus berlanjut selama masa khusus bagi keluarga".

Sekretaris pers pasangan tersebut mengatakan Meghan dan Lili dalam keadaan sehat dan sekarang sudah kembali ke rumah.

Lilibet akan menjadi adik dari anak pertama Pangeran Harry dan Meghan, yakni Archie, yang lahir bulan Mei 2019 dan kini berusia dua tahun.

Lilibet adalah cicit ke-18 Ratu Elizabeth dan menempati urutan kedelapan untuk mewarisi takhta kerajaan Inggris.

Kakak Harry, Pangeran William berada di urutan kedua dan putra pertamanya dengan Kate Middileton, Pangeran George berada di urutan kedua, disusul dengan adik George, Putri Charlotte dan adiknya Pangeran Louis.

Sebuah pernyataan dari Keluarga kerajaan Inggris mengatakan Ratu, Pangeran Charles, istrinya Camilla, Duchess of Cornwall, Pangeran William dan istrinya Catherine, Duchess of Cambridge, menyambut "gembira" berita tersebut. 

Di Twitter, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga mengucapkan: "Selamat untuk The Duke & Duchess of Sussex atas kelahiran putri mereka".

Harry dan Meghan sudah menjadi bahan pemberitaan internasional dalam beberapa bulan terakhir setelah tampil dalam wawancara yang kontroversial dengan Oprah Winfrey bulan Februari lalu.

Harry kemudian kembali sebentar ke Inggris untuk menghadiri pemakaman kakeknya Pangeran Philip bulan April lalu. Reaksi dari keluarga kerajaan Inggris

Walau Lilibet lahir hari Jumat (04/06), informasi peristiwa ini baru disampaikan kepada dunia hari Minggu (06/06) sore waktu London.

Kakak Harry, Pangeran William dan istrinya Duchess of Cambridge, memberi ucapan selamat mengenai kelahiran itu sekitar jam 8 malam waktu London.

Mereka menggunakan kata yang sering dipakai oleh keluarga kerajaan untuk menjelaskan sesuatu yang menggembirakan, yaitu 'delighted' bagi "kehadiran bayi Lili".

Ayah Harry, Pangeran Charles dan istrinya Camilla Duchess of Cornwall memasang foto Harry, Meghan dan bayi Archie di Twitter mereka.

Twitter itu muncul dalam waktu bersamaan dengan cuitan William dan Catherine.

Nenek Harry, Ratu Elizabeth belum mengeluarkan pernyataan resmi.

Namun Royal Family, akun resmi Istana Buckhingham di Twitter sudah mengeluarkan unggahan di waktu yang sama dengan keluarga kerajaan lainnya.

Unggahan tersebut mengatakan mereka semua "berbahagia", serta  memasang foto Pangeran Harry dan Meghan di hari pernikahan mereka.

Artikel ini diproduksi oleh Sastra Wijaya dari berita di sini dan di sini 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Warga Asal Indonesia di Melbourne Anggap Pemerintah Setempat Gagal Tangani COVID-19

Berita Terkait