Panglima Minta Prajurit Siap Gunakan IT

Jumat, 06 Juni 2014 – 21:06 WIB
Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko menutup Latihan Gabungan (Latgab) TNI tahun 2014, di Dermaga Komando Armada RI, Kawasan Timur (Koarmatim), Ujung Surabaya, Jumat (6/6). Foto: ist

jpnn.com - JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Dr Moeldoko mengatakan, bagi TNI, latihan dan latihan adalah kewajiban prajurit dalam menunaikan tugas negara guna memenuhi tuntutan jaminan terhadap keamanan dan keselamatan bangsa.

Pernyataan tersebut disampaikan Moeldoko saat menutup Latihan Gabungan (Latgab) TNI tahun 2014 dalam suatu upacara militer di Dermaga Komando Armada RI, Kawasan Timur (Koarmatim), Ujung Surabaya, Jumat (6/6).

BACA JUGA: Pramono Edhie Bela Prabowo dari Serangan Hendropriyono

"Latihan yang sudah dilakukan akan semakin meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para prajurit sekalian, guna menghadapi tuntutan tugas di masa mendatang yang tidak semakin ringan," kata Jenderal TNI Moeldoko.

Selain itu, Panglima TNI juga memerintahkan kepada seluruh unsur pimpinan satuan di jajaran TNI, untuk menyiapkan kapasitas personel dan satuan dalam rangka menyambut kehadiran Alutsista, baik terkait sinkronisasi doktrin, penyiapan strategi, operasional, maupun taktik dan prosedur.

BACA JUGA: Pujakesuma Dukung Prabowo-Hatta

"Realisme latihan harus menjadi fokus dalam evaluasi Latihan Gabungan TNI tahun 2014, khususnya realisme penggunaan IT dalam komando dan pengendalian operasi gabungan di setiap strata sesuai sifatnya, baik yang bersifat stasioner maupun bersifat mobile," ujar Moeldoko.

Panglima TNI juga menekankan agar melaksanakan evaluasi secara rinci, kritis dan tajam serta transparan guna mendapatkan perspektif yang lebih luas, bagi kepentingan penyempurnaan doktrin, strategi, taktik, teknik dan prosedur serta bagi kepentingan elaborasi aspek psikologis, penelitian dan pengembangan khususnya yang terkait dengan peningkatan kemampuan interoperability.

BACA JUGA: Jaga Independensi TNI, Minta Babinsa Dievaluasi

Upacara penutupan ini dihadiri antara lain oleh Kasal Laksamana TNI Dr Marsetio, Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, Kasum TNI Laksdya TNI Ade Supandi, SE, dan Pangarmatim Laksda TNI Sri Mohamad Darojatim.

Upacara penutupan ditandai dengan pelepasan tanda peserta latihan, yang sekaligus menandai berakhirnya latihan gabungan yang melibatkan 15.108 prajurit dari tiga matra kekuatan TNI.(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perda Layanan Publik Jangan Bikin Ribet


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler