Panitia Antisipasi Politik Uang di Kongres PAN

Kamis, 29 Oktober 2009 – 21:29 WIB

JAKARTA - Ketua Organizing Committee (OC) Kongres III PAN, Taufik Kurniawan, mengatakan, pihaknya akan berupaya meminimalisir terjadinya politik transaksional dan politik uang dalam Kongres III PAN yang akan berlangsung di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, 8-10 Januari 2010 mendatang.

"Antsispasi tersebut perlu dilakukan mengingat pengalaman pada Kongres I dan II disinyalir sarat dengan fenomena politik transaksional dan politik uang," kata Taufik Kurniawan, di gedung DPR, Jakarta, Kamis (29/10).

Dia jelaskan, fenomena politik transaksional dan uang terjadi di hampir seluruh partai politik di Indonesia“Tidak bisa dihindari

BACA JUGA: Miing Nilai Hubungan DPR-Media Buruk

Bukan hanya di PAN, di partai lain juga hampir selalu ada
Tapi, kita akan berusaha meminimalisir karena hal itu sulit dihilangkan mengingat kita bukan malaikat,” tegasnya

BACA JUGA: Aneh, Ketua DPR Tidak Sempat Baca Koran

Langkah ini sesuai tausiah dari Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) Amien Rais yang selalu mengingatkan agar seluruh kader PAN menghindari praktek korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Sementara anggota Steering Committe (SC), Chandra Usman mengungkapkan, Kongres III PAN akan memperebutkan 1.255 suara
Setiap Dewan Pimpinan Daerah (DPD) tingkat II akan memiliki dua suara, yang diwakili ketua dan sekretaris

BACA JUGA: Pendukung Ical Rawan Terpecah

Sedangkan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) I akan diberikan tiga suara melalui ketua, sekretaris, dan bendaharaSaat ini, PAN mempunyai 495 DPD dan 33 DPW.

“Sisa suara lainnya merupakan hak dari DPP dengan perincian 46 suara dari pengurus harian, dua suara dari ketua dan sekretaris MPP, 112 suara dari ketua departemen, dua suara dari badan arbitrase, dan empat suara dari organisasi otonom,” terangnya.

Mengenai kandidat ketua umum, Taufik Kurniawan menegaskan bahwa Ketua Umum PAN hanya bisa dijabat oleh kader murni partaiSementara detil calon ketua umum akan dibahas dalam rapat pleno SC Kongres III pekan depan“Tapi, kita harapkan semua calon sudah menyerahkan syarat administratif pendaftaran calon ketua umum paling lambat tiga minggu sebelum Kongres dilaksanakan,” kata anggota DPR dari Dapil Jateng VII ini(fas/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Golkar Kampanye di Facebook


Redaktur : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler