Panitia Pusat Ikut Bingung Nilai Nol

Siswa yang Nilainya Kacau Masih Bisa Berharap

Rabu, 18 Mei 2011 – 06:19 WIB
Luapan Kelulusan: Berbagai macam cara dilakukan oleh siswa-siswi untuk meluapkan kelulusan. Foto: Suwarjono/Kendaripos/JPNN

JAKARTA - Penyebab munculnya nilai 00,00 saat pengumuman hasil ujian nasional (unas) SMA pada Senin (16/5) hingga kini masih belum diketahuiSebab, dari sistem penilaian Unas 2011, semestinya mustahil ada siswa yang memperoleh nilai 00,00

BACA JUGA: Penyaluran BOS Kembali ke Sistem Lama



Mengapa demikian? Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) menetapkan bahwa nilai akhir yang diumumkan Senin lalu itu tidak semata berasal dari nilai unas
Tapi, nilai tersebut sudah dikombinasi dengan nilai ujian akhir sekolah (UAS)

BACA JUGA: Berkonvoi, Ijazah Siswa Ditangguhkan



Karena itu, meski siswa sama sekali tidak bisa mengerjakan soal unas alias semua jawaban salah, nilai akhir tetap tidak bisa nol
Apalagi Kemendiknas beberapa kali menyebutkan bahwa nilai UAS yang disetor sekolah rata-rata 7 dan 8

BACA JUGA: 46.706 Siswa Lolos Jalur Undangan SNMPTN

Dengan bobot UAS 40 persen dan unas 60 persen, setelah dijumlahkan kemudian dibagi dua, tetap akan muncul nilai, bukan nol.

Kalaupun ketika mengerjakan unas jawaban siswa salah semua, mereka tidak akan mendapat nilai 00,00Sebab, mereka masih mendapat nilai dari UASJawaban siswa bisa salah semua karena memang tidak mampu atau mengandalkan kunci jawaban yang keliru.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendiknas Mansyur Ramly menuturkan, memang merupakan fenomena yang ganjil jika siswa sampai mendapat nilai 00,00"Karena itulah, akan kami cek," tegasnyaDia menjelaskan, siswa bisa mendapat nilai 00,00 jika pihak sekolah tidak menyetorkan nilai UASItulah salah satu kemungkinan terkuat yang bisa membuat siswa memperoleh nilai nol.

Apakah memang ada sekolah yang belum menyetorkan nilai UAS hingga batas penyerahan ditutup? Mansyur mengakui adanya hal ituNamun, dia perlu mengecek dulu hari iniSebab, Senin (16/5) ketika banyak daerah mengumumkan hasil unas, Kemendiknas masih menjalani cuti bersama, sedangkan kemarin kantor juga libur"Akan saya beber sekolah-sekolah yang tidak setor nilai UAS besok (hari ini, Red)," ujar pria yang juga menjadi panitia pusat Unas 2011 itu.

Dia menyatakan, jika sekolah tidak menyetorkan nilai UAS, berarti nilai akhir siswa yang bersangkutan 100 persen didapat dari nilai unasJika jawaban siswa itu salah semua, tegas Mansyur, nilai 00,00 bisa saja terjadiDia kembali mengingatkan sekolah yang nilai siswanya kacau untuk segera melapor ke panitia pusatLaporan itu bakal ditindaklanjuti dalam waktu sepekan.

Kemudian, siswa yang sementara dinyatakan tidak lulus karena nilainya kacau masih bisa berharap sampai proses verifikasi di tingkat panitia pusat selesaiMansyur menjelaskan, dirinya siap menurunkan tim investigasi untuk mengkroscek kekacauan nilai tersebut"Intinya, kami tidak akan merugikan siswa yang aslinya lulus unas," tuturnya.

Dia menuturkan, persoalan tersebut menjadi bahan evaluasi untuk pelaksanaan unas tahun mendatangDia tetap optimistis perpaduan nilai UAS dan nilai unas merupakan formula yang tepatPerpaduan dua nilai tersebut bisa menjembatani pihak-pihak yang selama ini menolak pelaksanaan unas(wan/c5/nw)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Paling Cepat Juni, Dana Pembinaan UN Dicairkan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler