Para Istri Anggota Dewan Gelar Seminar Osteoporosis

Sabtu, 29 April 2017 – 12:04 WIB
Talkshow kesehatan yang diselenggarakan PIA DPR RI. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Osteoporosis atau dalam bahasa masyarakat awam kerap disebut pengeroposan tulang, menjadi sebuah momok yang menakutkan bagi semua manusia.

Tak terkecuali anggota Persaudaraan Isteri Anggota (PIA) DPR RI.

BACA JUGA: Paripurna DPR Sahkan RUU Pemajuan Kebudayaan

Untuk itu, PIA menggelar talkshow dengan menghadirkan dokter ahli sebagai narasumbernya.

“Sebenarnya kesehatan sebagai salah satu item yang sering dibahas PIA selain masalah pendidikan dan sosial. Dan kami sengaja mengambil topik yang dekat dengan kita, wanita dan keluarga. Sebagai wanita yang sudah berusia di atas 40 tahunan yang notabene menjelang masa menopause tentu sangat rentan dengan osteoporosis, apalagi yang memiliki genetik penyakit tersebut. Untuk itulah kami mengambil tema tentang pencegahan dan penanganan nyeri tulang belakang pada wanita penderita osteoporosis dalam talkshow kali ini,” jelas Wakil Ketua PIA DPR RI Grace Fadli Zon di Gedung Nusantara, Senayan Jakarta.

BACA JUGA: Semangat RUU Sisbuk Adalah Buku Murah, Mutu dan Merata

Grace meyakini dengan pemaparan dan penjelasan dari narasumber yang notabene merupakan ahli di bidangnya, akan sangat berguna baik untuk anggota PIA sendiri, serta peserta lainnya.

Salah satunya untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

BACA JUGA: DPR Tetapkan Anggota Dewan Pengawas BPKH

Jika sudah terdeteksi gejala penyakit tersebut bisa melakukan penanganan yang baik bagaimana cara mengatasinya.

dr. Johan Akbari yang menjadi narasumber talkshow tersebut menjelaskan, osteoporosis merupakan sebuah kondisi di mana kualitas kepadatan tulang menurun.

Kondisi inilah yang membuat tulang menjadi keropos dan rentan retak.

Ada faktor yang menyebabkan terjadinya osteoporosis. Di antaranya kurangnya asupan kalsium dan kalium, kurangnya vitamin E dan kurangnya sinar matahari, serta kurangnya olahraga atau gerak tubuh.

Sangat mudah untuk bisa mencegah penyakit ini. Di antaranya melalui asupan kalsium dan kalium yang cukup yang bisa diperoleh dari buah-buahan seperti buah pir, apel dan papaya.

"Begitu pun dengan cara mengatasi penyakit tersebut, mulai dari makanan, olahraga atau cara tradisional hingga pengobatan medis atau berbagai terapi," ujar Johan.

Terlihat jelas antusias para peserta dari berbagai pertanyaan yang diajukan sebagian besar anggota PIA dari berbagai fraksi yang ada di DPR RI.

Di antaranya seperti Asrilia Bambang Haryo, Leti Roem Kono, Latifah Mahfud Abdurahman, Latifah Djazuli juwaini, Julia Askodat, Lina Tampubolon serta lain-lain.

Grace menambahkan, masih ada beberapa talkshow sejenis yang akan digelar sebagai program tahunan PIA DPR RI.(adv/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... DPR Setujui Batas ZEE Indonesia – Filipina


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
DPR RI   DPR  

Terpopuler