Para Pemilik Lahan di Wadas Sukarela Menandatangani Bukti Pencairan Uang Ganti Rugi

Kamis, 02 November 2023 – 19:15 WIB
Warga Wadas menerima ganti untung lahan terdampak PSN Bendungan Bener, Purworejo, Rabu (27/4). Foto: dok Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, PURWOREJO - Pembebasan lahan kuwari di Desa Wadas Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo hampir rampung. Dari 56 warga pemilik lahan yang awalnya belum menerima pencairan, 53 di antaranya kini sudah menerima uang ganti rugi (UGR).

Hingga saat ini hanya tinggal tiga warga yang belum menerima uang ganti rugi tahap akhir. Pasalnya, tiga warga tersebut tidak hadir saat dilakukan pencairan.

BACA JUGA: Musyawarah Terakhir, Akhirnya Warga Wadas Setujui Pembebasan Lahan

Pencairan UGR dilakukan di Sanggar Anak Merdeka di Dusun Randuparang desa setempat, Senin (30/10).

Proses pencairan dilakukan Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat secara tertutup. Hanya warga pemilik lahan, petugas BPN, dan pegawai bank yang hadir di lokasi.

BACA JUGA: Warga Desa Wadas Semringah, Dapat Miliaran Rupiah, Ganti Rugi dari Pemerintah

Meski demikian, proses pencairan UGR berlangsung lancar dan kondusif. Pemilik lahan menandatangi bukti pencairan tanpa paksaan. Satu di antaranya adalah Sudiman, Ketua Gerakan Masyarakat Peduli Alam Desa Wadas (Gempadewa).

Rodiyah, salah satu pemilik lahan mengaku sudah menerima UGR dari pemerintah, beberapa waktu lalu. Selanjutnya disusul oleh puluhan pemilik lahan yang lain, Senin (30/10).

BACA JUGA: Pengamat Sosial Puji Cara Ganjar Hadapi Pedemo Wadas

Namun, Rodiyah tidak memberikan keterangan secara detail terkait proses pencairan UGR tersebut.

"Iya, ada pembayaran UGR," jawabnya singkat saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Kamis (2/11/2023)

Hingga saat ini BPN Kabupaten Purworejo belum bisa memberikan keterangan data terkait pemberian UGT tahap akhir tersebut.

Diketahui, penambangan batu andesit di Desa Wadas untuk pembangunan Bendungan Bener dilakukan di lahan seluas 617 bidang. Hingga tahap akhir masih ada sekitar 56 warga pemilik lahan 113 bidang.

Dari informasi, sudah 612 bidang yang dibayar di Desa Wadas, sekarang berarti tinggal menyisakan 5 bidang dari kebutuhan total 617 bidang. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler