Pariwisata Batam Alami Kemunduran

Minggu, 20 Februari 2011 – 03:33 WIB

BATAM - Pariwisata Batam mengalami kemunduranBahkan bisa dikatakan  gagal akibat salah langkah dalam menjual potensi yang dimiliki

BACA JUGA: Aksi Mogok Guru di Tiom Terus Berlanjut

Hal ini dikatakan Direktur Promosi Dalam Negeri, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata M Farid Moertolo saat menghadiri rakor pemasaran pariwisata dalam negeri wilayah  Sumatera di Hotel Goodway, Jumat (18/2)


“Obyek wisata Batam prospek sekali dan tidak kalah dengan daerah lain

BACA JUGA: Polisi Bongkar Sindikat Pembuat Senpi

Namun dari segi  teknik menjualnya sangat lemah
Sehingga pariwisata Batam belum begitu dikenal atau  bisa dikatakan mengalami kemunduran,” ujarnya seperti dikutip Batam Pos edisi kemarin (19/2).

Pariwisata Batam, kata Farid, masih jauh tertinggal dibanding pariwisata dari daerah lain  seperti Jakarta dan Bali yang gaungnya sudah menjangkau kemana-mana.

“Hal itu disebabkan Pemerintah Kota Batam yang menjadi lokomotif dalam hal tanggung  jawab mengelola pariwisata, tidak punya teknik menjual alias mempromosikan pariwisata  Batam secara maksimal,” katanya.

Memajukan dunia pariwisata harusnya juga melibatkan pihak swasta yang selama ini  punya peran penting

BACA JUGA: Ancam Polisi, Anggota TNI Diamankan Provost

Begitu juga dengan keberadaan media lokal untuk melakukan  promosi wisata setempat.

Farid mengatakan, meski ada peningkatan kunjungan wisatawan tahun 2010 melalui  Bandara Hang Nadim Batam, namun kenaikannya tak signifikanIni bisa di lihat persentasenya hanya 5,89 persenDaerah lainnya seperti Jakarta dan Bali, kata Farid, kenaikannya mencapai 30 persen.

Kepala Dinas Pariwiata Batam Guntur Sakti mengatakan, dibandingkan wilayah Sumatera lain, pariwisata Batam sudah lebih majuNamun jika dibandingkan dengan Jakarta dan Bali, Batam belum bisa menyamai dua daerah itu karena Batam saat ini baru mau menggerakkan pariwisatanya“Batam dulu didisain sebagai kota industri, perdagangan, dan alih kapalBukan pariwisata,” tukasnya.

Baru sekaranglah, kata Guntur, Batam hendak menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan, selain tiga sektor tadi“Kita ini baru hendak memulai,” tuturnya(med/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ratusan Senjata Eks GAM Masih Beredar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler