Tak heran transportasi umum jadi pilihan warga di Melbourne, Victoria, Australia. Bila bawa kendaraan sendiri, parkirnya mahal banget! 

Seperti yang diamati jurnalis Indoensia di salah satu kawasan Chapel Street di luar pusat kota Melbourne, Victoria, pada awal Oktober 2015 lalu. Ada salah satu mobil yang kena tilang karena kelebihan jam parkir.

BACA JUGA: Bawa 360 Pebisnis ke Jakarta, Mendag Australia Tawarkan Kerjasama Multi-Bidang

Mobil tersebut harusnya parkir di kawasan yang mengizinkan parkir selama 1 jam, yang berlakunya dari pukul 09.00 - 18.00. Namun karena parkirnya lebih dari 1 jam yang bisa dilihat dari parkir meternya, maka surat tilang pun mampir. Dalam surat tilang itu, disebutkan pelanggaran bahwa mobil tersebut parkir lebih lama dari ketentuan.


Biaya parkir di pusat kota Melbourne sangat mahal.

BACA JUGA: PM Malcolm Turnbull Bahas Kontra Terorisme dengan Presiden AS Barack Obama

 

Besaran tilangnya AU$ 76 (Rp 760 ribu) dan harus dibayar sampai tanggal tertentu. Bila tidak, maka tindakan penegakan hukum lebih lanjut akan diberlakukan. 

BACA JUGA: Jetstar dan Virgin Curangi Penjualan Tiket Online

Ada pula suatu area parkir yang dijumpai di luar pusat kota Melbourne. Tarifnya mencapai AU$ 17 (Rp 170 ribu) untuk 12 jam untuk hari kerja dari pukul 05.00 sampai pukul 17.00 atau AU$ 12 (Rp 120 ribu) flat rate untuk malam hari dan week end.

Berapa ongkos parkir di jalanan? Dari situs Pemkot Melbourne disebutkan bahwa parkir di pusat kota Melbourne dikenakan AU$ 5,50 (Rp 55 ribu) per jam.

Di luar pusat kota, ongkosnya bervariasi, dari AU$80 sen (Rp8 ribu) per jam untuk parkir seharian, AU$1,60 (Rp16 ribu) tiap setengah jam, AU$1,7 (Rp17 ribu) per jam untuk parkir 4 jam-an, AU$2 (Rp 20 ribu) per jam untuk parkir 3 jam, hingga AU$3,20 (Rp32 ribu) per jam untuk parkir hingga 2 jam. Di luar pusat kota makin lama parkir, ongkos parkirnya makin murah.

Namun, tetap saja. Bila angka itu dikalikan jumlah jam parkir, berapa uang yang harus Anda keluarkan bila dibanding naik transportasi umum yang tarifnya tak sampai setara 1 jam parkir. 

Sebagai perbandingan, dengan uang AU$ 2-3 Anda sudah bisa membeli secangkir kopi enak di Melbourne, AU$ 5 bisa membeli kebab sepanjang 30 cm di suatu kedai makanan Timur Tengah di pusat kota Melbourne, AU$ 6-7 bisa membeli bento yang enak di kawasan Central Business District (CBD) Melbourne, apalagi AU$ 12 hingga AU$ 17, Anda bisa makan besar bersama-sama teman di suatu restoran China dengan menu bebek panggang, tofu dan sayuran lain sampai kenyang!

*Dapatkan kesempatan memenangkan boneka beruang Bobbie, khas Australia, yang memiliki harum bunga lavender dengan menceritakan apa yang paling Anda sukai dari Australia. Caranya? Tulis di akun Twitter Anda dengan tag #JendelaAustralia. Ikuti akun @APlusIndonesia untuk mengetahui pemenangnya. 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Konsumsi Kopi 3 - 5 Cangkir Per Hari Kurangi Resiko Kematian akibat Penyakit Ini

Berita Terkait