Partai Perindo Berpeluang Jadi Penghubung untuk Menyatukan KIB dan KKIR

Rabu, 12 April 2023 – 21:48 WIB
Ilustrasi - Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo bertemu Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. Partai Perindo berpeluang menjadi penghubung untuk menyatukan KIB dan KKIR. Foto: Perindo.

jpnn.com - JAKARTA - Partai Perindo berpeluang memiliki peran besar menyatukan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Menurut pengamat politik Adi Prayitno, Partai Perindo dalam hal ini berpeluang menjadi penghubung kedua koalisi tersebut.

BACA JUGA: Pengamat Sebut Dukungan Projo untuk Airlangga Kode Politik Jokowi

"Saya kira rasional Partai Perindo disebut-sebut partai yang menjadi penghubung antara KIB dan KKIR."

"Karena Partai Perindo kan bisa masuk ke semua kelompok politik, ke semua partai, bisa masuk ke Golkar, Gerindra dan seterusnya."

BACA JUGA: Jokowi, Memang Sakti atau Bebek Lumpuh?

"Posisi sentral HT (Hary Tanoesoedibjo) sebagai Ketua Umum Partai Perindo (penting), bisa masuk ke elite-elite partai politik yang saat ini, dalam hal ini KIB dan KKIR," ujar Adi Prayitno dalam keterangannya, Rabu (12/4).

Menurut Adi, langkah politik Partai Perindo yang menjadi pionir terdepan dalam menemui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto juga merupakan upaya untuk mematangkan koalisi besar.

BACA JUGA: Diundang Prabowo Subianto ke Kemhan, Susi Pudjiastuti: Saya Hari Ini Sangat Terhormat Sekali dan Gembira

"Oleh karena itu, saya kira langkah politik Partai Perindo ini seperti menganyam, bagaimana partai-partai politik pendukung Jokowi itu solid kembali di 2024."

"Dengan kembali solidnya partai politik pendukung Jokowi di Pilpres 2024, tentu akan menjadi politik baru yang terkonsolidasi, sehingga memenangkan Pemilu 2024 secara maksimal dan mudah," ucapnya.

Adi juga menilai Partai Perindo bakal lolos ke Senayan pada Pemilu 2024, ketika melihat langkah politik yang dilakukan HT dan Partai Perindo saat ini.

"Sangat mungkin, kalau melihat survei-survei kerja politik Partai Perindo di 2024 akan lolos di parlemen," katanya.

Soal sosok HT yang memiliki popularitas dan akseptabilitas sangat tinggi serta luwes dalam pergaulan peta percaturan politik, Adi mengakui gerakan politik HT begitu agresif menuju Pemilu 2024.

"Memang mulai tinggi elektabilitasnya, termasuk akseptabilitas terhadap daya terima publik terhadap Partai Perindo dan HT," katanya.

Bahkan, dikatakannya, Partai Perindo sudah lama bergerak melakukan kerja-kerja politik tidak hanya dalam Pemilu saja.

Misalnya, pemberian gerobak Perindo, bantuan UMKM, ambulans Perindo dan seterusnya.

"Itu menjadi legacy di mana publik melihat HT dan Partai Perindo yang dinilai punya kinerja yang relatif bisa diterima oleh publik," ucapnya.

Sebelumnya, Ketum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo berkunjung ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Rabu (5/4/2023).

Pertemuan membahas soal koalisi besar menuju Pemilu 2024.

Hary Tanoesoedibjo juga menyambangi markas DPP Partai Golkar pada Senin (10/4).

Seusai pertemuan HT mengatakan pertemuan antara Partai Perindo dan Partai Golkar membahas perihal potensi kerja sama antar-dua partai.

"Hal yang paling penting tentunya adalah pembahasan tentang bagaimana ke depan bisa bekerja sama secara politik yang tadi beliau (Airlangga) sampaikan, koalisi besar," kata HT saat memberikan keterangan pers.

HT menjelaskan koalisi nantinya akan berfokus melanjutkan program-program yang telah dibangun dan dicapai Presiden RI Joko Widodo. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Analisis Politikus Muda PAN Soal Pertemuan Prabowo dan Zulkifli Hasan, Pakai Frasa Makin Kuat


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler