Pastikan Fasilitas Kepabeanan Tepat Sasaran, Bea Cukai Kunjungi 3 Perusahaan Ini

Selasa, 19 Maret 2024 – 12:05 WIB
Bea Cukai mengunjungi salah satu perusahaan untuk memastikan fasilitas kepabeanan telah tepat sasaran. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, MEDAN - Bea Cukai melalui unit vertikalnya melakukan kunjungan kerja ke perusahaan penerima fasilitas kepabeanan.

Kunjungan yang kali ini dilaksanakan Bea Cukai Medan dan Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) bertujuan mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN) dan memastikan fasilitas kepabeanan yang diperoleh perusahaan telah tepat sasaran.

BACA JUGA: Periksa Penumpang Kapal, Bea Cukai Tanjungpinang Temukan Barang Haram Sebanyak Ini

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar, mengatakan kunjungan kerja atau customs visit customer (CVC) dilaksanakan untuk mendengarkan langsung saran, masukan, dan kendala perusahaan dalam melaksanakan proses bisnisnya terkait kegiatan kepabeanan.

Seperti yang dilakukan Bea Cukai Medan melaksanakan CVC ke PT Berlian Eka Sakti Tangguh (BEST) pada Rabu (6/3).

BACA JUGA: Bea Cukai Berkolaborasi dengan Pemda untuk Tingkatkan Perekonomian di Kabupaten Karimun

PT BEST merupakan perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat yang bergerak dalam bidang industri olahan kelapa sawit dan turunannya.

PT BEST mengimpor bijih plastik dari Arab Saudi dan Malaysia sebagai bahan baku pembuatan jeriken atau kemasan minyak makan.

BACA JUGA: Sesuai Arahan Presiden, Bea Cukai Terus Berikan Pendampingan Ekspor Kepada UMKM

Perusahaan ini kemudian mengekspor hasil produksinya ke pasar Asia Tengah dan Afrika.

Di industri dalam negeri, PT BEST merupakan produsen olahan minyak dengan merek dagang 'Minyak Kita'.

Sayangnya, untuk kondisi pasar ekspor sedang lesu sehingga kuota ekspor yang banyak belum dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Di sinilah peran Bea Cukai untuk membantu mendorong kelancaran operasional perusahaan agar ekspor dapat berjalan.

Di Makassar, perwakilan Direktorat Fasilitas Kepabeanan dan Kanwil Bea Cukai Sulbagsel mengunjungi Balai Latihan Kerja (BLK) Makassar dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Losari pada Selasa (5/3).

"Kunjungan ini bertujuan memastikan fasilitas yang diperoleh perusahaan melalui Bea Cukai dapat bermanfaat sebagaimana semestinya," terang Encep dalam keterangannya, Selasa (19/3).

Kegiatan CVC ini merupakan bentuk komitmen Bea Cukai dalam memberikan pelayanan dan asistensi kepada para pengguna jasa kepabeanan.

Bea Cukai berharap dengan terjalinnya komunikasi yang baik dapat memberikan solusi dan kemudahan bagi perusahaan dalam menjalankan usahanya. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler