Patrialis Tak Sudi Deportasi Pemain Asing LPI

Rabu, 16 Februari 2011 – 15:16 WIB
Pembukaan LPI beberapa waktu lalu. Foto: Dok.JPNN

JAKARTA -- Harapan pengurus PSSI agar para pemain dan pelatih asing yang berkiprah di Liga Primer Indonesia (LPI) dideportasi, tampaknya hanya mimpiMenteri Hukum dan HAM (Menkumham) Patrialias Akbar memberikan sinyal kuat tidak akan melayani permintaan pengurus PSSI tersebut

BACA JUGA: Persebaya Ternyata Menanti Zickler

Bahkan, menteri dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu menganggap, urusan itu tidak mendesak untuk dibahas.

Patrialis mengatakan, bukan hal yang mudah untuk mendeportasi pemain dan pelatih asing dimaksud
"Apalagi liga primer (LPI, red)  yang dilakukan itu juga atas persetujuan dari mempora, dari pemerintah

BACA JUGA: AFC Belum Sahkan Pemain Arema

Coba kita bayangkan, kalau pemain asing itu kita deportasi dalam menghadapi apa yang terjadi
Jadi kita menghormati semua pihak," ujar Patrialis di Jakarta, Rabu (16/2).

Seperti diberitakan, Sekjen PSSI Nugraha Besoes mengaku baru saja berkoordinasi dengan Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM terkait keterlibatan para pemain dan pelatih asing pada kegiatan sepakbola yang tidak dikelola oleh PSSI itu.

Dalam pertemuan tersebut PSSI mempertanyakan upaya-upaya yang akan dilakukan oleh instansi yang berwenang dalam penegakan hukum keimigrasian

BACA JUGA: Rawan Pengkondisian

Nugraha Besoes mengatakan pihaknya sudah mendaftar sekitar 60 pemain asing yang semestinya segera dideportasi oleh Dirjen ImigrasiMenurut pria asal Bandung itu, daftar nama-nama pemain dan pelatih tersebut sudah diberikan kepada Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Bambang IrawanNugraha mengklaim Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM mengapresiasi laporan PSSI ke FIFA

"Pihak Dirjen Imigrasi sendiri yang menyatakan bahwa mereka akan segera melakukan deportasi terhadap pemain dan pelatih asing yang proses keberadaannya ke Indonesia atas rekomendasi PSSI namun kini bermain pada kegiatan sepak bola yang tidak dikenal oleh PSSI," kata Nugraha.

Namun nyatanya, sikap Patrialis tidak sejalan dengan harapan petinggi PSSI ituDijelaskan Patrialis, pihaknya akan membicarakan masalah ini di tingkat menko polhukam, juga dengan Menpora Andi MallarangengKapan dibahas? "Segera mungkinKarena pekerjaan kita kan banyak sekaliJadi tolong hal-hal yang tidak terlalu mendesak sekali waktunya kita tunda sebentar," ucapnya.

Jadi tidak dideportasi? "Sampai saat ini tidakBelum ada putusan seperti itu," tegas mantan anggota Komisi III DPR ituPatrialis juga menjelaskan, dalam menyelesaikan persoalan, pihaknya mengedepankan kepentingan bangsa"Selama belum dicabut, mereka (pemain dan pelatih asing di LPI, red) masih boleh tinggal di sini," tegasnya.

Ditanya apa syarat warga asing boleh menjadi pemain sepak bola di tanah air, Patrialis mengatakan, yang pasti mereka punya sponsor"Ya karena ada sponsornya, mereka di sini resmi," pungkasnya(sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anggap Upaya Alihkan Isu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler