Patuhi Edaran Kemenhub, Pelni Larang Merokok di Atas Kapal

Sabtu, 03 Januari 2015 – 20:59 WIB
KM Kelud, kapal milik PT Pelni. Foto: Istimewa

jpnn.com - JAKARTA - PT Pelni mendukung larangan merokok di seluruh angkutan umum, baik di darat, laut dan udara, seperti yang dicanangkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam surat edarannya pada bulan Desember lalu.

Dirut PT Pelni, Sulistyo Wimbo Hardjito mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan instruksi larang merokok di atas kapal dan telah diedarkan kepada seluruh nakhoda dan ABK, serta kepala cabang PT Pelni di seluruh nusantara. Dengan keluarnya surat edaran tersebut, kata dia, Pelni akan menyesuaikan dan tidak ada toleransi.

BACA JUGA: Tim Penyelam Fokus Cari Korban yang Terjebak di Dalam Pesawat

"Larangan merokok di atas kapal, sebenarnya sudah dilakukan Pelni, cuma sebelumnya larangan masih terbatas di dalam ruangan, di dek kelas maupun dek ekonomi. Penumpang kapal, selama ini masih diperbolehkan merokok, namun harus di luar ruangan, di dalam dek terbuka. Tapi sekarang di dalam maupun di luar dek kapal tidak boleh merokok," ujar Wimbo dalam siaran persnya, Sabtu (3/1).

Pihaknya sejauh ini sudah mulai mensosialisasikan kebijkan tersebut melalui pengeras suara. Maupun dari anjungan dan dari dek informasi disampaikan pengumuman.

BACA JUGA: Basarnas Kembali Temukan Bagian Besar Pesawat AirAsia

“Penumpang dilarang merokok, termasuk seluruh petugas, mulai nakhoda sampai ABK. Tidak boleh merokok selama bertugas. Para ABK harus menegakkan peraturan ini,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga telah memasang stiker di dinding di dalam dan di luar dek. Bahkan nantinya bila kedapatan para ABK tidak menegakkan aturan tersebut, bakal dikenai sanksi.

BACA JUGA: Empat Objek Pesawat AirAsia QZ 8501 Terdeteksi

“ABK yang tidak menegakkan aturan larangan merokok akan dikenai sanksi sesuai aturan yang berlaku. Sanksi bisa administrasi dan bisa juga sanksi yang lebih berat. Larangan merokok di atas kapal bertujuan mulia, menciptakan keselamatan, keamanan, kebersihan dan kesehatan. Mari kita patuhi," terang Wimbo.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kapal Geo Survei Temukan Objek Serupa Kepala Pesawat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler