PBA Meluncurkan Maskot & Jingle untuk Merek Kolektif Lupba

Selasa, 31 Oktober 2023 – 00:20 WIB
Perkumpulan Bumi Alumni (PBA) resmi meluncurkan maskot dan jingle untuk merek kolektif Lupba di sela-sela acara Exhibition & Golf Tournament UMKM Bumi Alumni III Tahun 2023. Foto dok. PBA

jpnn.com, JAKARTA - Perkumpulan Bumi Alumni (PBA) resmi meluncurkan maskot dan jingle untuk merek kolektif Lupba.

PBA adalah organisasi nirlaba yang berfokus pada pengembangan dan penguatan UMKM.

BACA JUGA: Ketua MPR Bamsoet Dorong Industri Knalpot Purbalingga Mendunia

Maskot dengan ikon kelinci putih yang diberi nama ‘Lupi’ ini diluncurkan secara resmi oleh Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina PBA Bambang Soesatyo alias Bamsoet di sela-sela acara Exhibition & Golf Tournament UMKM Bumi Alumni III Tahun 2023 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (29/10).

Acara bertajuk ‘Bersama Pemuda UMKM Bangkit dan Tumbuh’ ini diselenggarakan oleh PBA, Koperasi UMKM Alumni Indonesia (Kuali) dan UMKM Alumni Universitas Padjadjaran (Unpad).

BACA JUGA: Bamsoet Serahkan Trophy Juara Dunia Moto2 di Sirkuit Mandalika

Adapun Lupba merupakan merek kolektif one branding untuk produk UMKM yang dinaungi oleh PBA.

Sejak diluncurkan pertama kali pada 20 Februari 2020, hingga saat ini Lupba sudah memiliki lebih dari 30 produk yang terdiri dari kopi, bawang merah goreng, kripik pisang, kripik dari gedebok pisang, pupuk organik cair, dan sebagainya.

BACA JUGA: Beri Kuliah Program Doktor, Bamsoet Bahas Dinamika Pembuatan Peraturan Kebijakan Publik

Keuntungan mendaftar merek kolektif Lupba akan memperoleh joint marketing sebab Lupba memiliki gerai offline dan online. 

Penggagas merek Lupba, Dewi Tenty Septi Artiany menyampaikan alasan kelinci putih dipilih sebagai ikon maskot Lupba. Berkaca dari filosofi negara Tiongkok, Dewi mengatakan kelinci merupakan simbol kesuburan.

“Untuk maskot namanya Lupi. Maskot ini sengaja kami membuat dalam bentuk kelinci. Di Tiongkok, kelinci itu selain binatang keramat juga mempunyai wisdom sebagai simbol kesuburan,” kata Dewi dalam keterangannya dikutip Senin (30/10).

Dengan simbol kelinci ini, Dewi berharap anggota PBA yang merupakan UMKM dari 16 provinsi di Indonesia, dapat terus subur dan berkembang.

Sejak berbadan hukum, jumlah anggota PBA hingga saat ini lebih dari 1.600 UMKM.

“Kami berharap bahwa UMKM ini tidak hanya sebatas 16 provinsi dengan seribu lebih anggota tetapi akan beranak banyak,” harap Dewi.

Lebih lanjut, dia mengatakan maskot ini diberi nama Lupi dengan maksud agar produk Lupba dapat dengan mudah diingat masyarakat

Ketua Umum PBA Ary Zulfikar yang ambassador WUSME, yaitu organisasi dunia yang berpusat di Italia, mengatakan kegiatan pameran dan turnamen golf ini memang rutin diselenggarakan tiap tahun guna mendorong para pelaku UMKM untuk berani memperkenalkan dagangannya.

Ary mengatakan kegiatan ini juga untuk membangun keberanian para pelaku UMKM untuk menjual barangnya ke luar negeri.

“Ini merupakan kegiatan yang ketiga PBA, suatu organisasi nirlaba yang memang fokus pada pengembangan dan penguatan UMKM. Pelaku wirausaha kami dorong untuk berani go ekspor,” ujar pria yang akrab disapa Azoo ini. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bamsoet: Kami Prihatin dengan Meningkatnya Konflik Antara Palestina-Israel


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler