PBB Menargetkan Raih 6 Kursi DPR dari 6 Provinsi di Papua

Senin, 20 Februari 2023 – 18:59 WIB
Ketua Bappilu PBB Papua Yahuda berfoto bersama Wasekjen DPP PBB Solihin Pure (kiri) dan Ketua DPP PBB Husni (kanan) di DPP PBB, Jakarta. Dia menargetkan PBB di Papua meraih 6 kursi di DPR dari 6 provinsi di Papua. Foto: Ist.

jpnn.com - JAKARTA – Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Bulan Bintang (PBB) Provinsi Papua Yahuda Edowai mengatakan partainya menargetkan meraih enam kursi DPR dari enam provinsi di Papua pada Pemilu 2024.

Karena itu, PBB di Papua terus bekerja keras. Terbaru, membentuk Bappilu di empat provinsi baru di Papua.

BACA JUGA: 1 SSK Brimob Polda Kalteng Dikirim ke Papua, Irjen Nanang Berpesan Begini, Tegas!

Empat provinsi tersebut masing-masing Provinsi Papua Pegunungan, Papua Selatan, Papua Barat Daya, dan Provinsi Papua Tengah.

Menurut Yehuda, pembentukan Bappilu wilayah di empat provinsi baru di Papua sangat penting menghadapi Pemilu 2024.

BACA JUGA: INSP!R Indonesia Menolak Draf RUU Kesehatan, DPR Tolong Dengar Ini

"Jadi, empat provinsi yang baru ini akan segera dibentuk Bappilu. SK DPP PBB untuk pembentukan Bappilu Wilayah sudah saya terima," ujar Yahuda dalam keterangannya, Senin (20/2).

Yahuda mengatakan hal tersebut saat mengambil SK DPW PBB Papua Tengah dengan ketua Fransiskus Magai yang diserahkan oleh Wasekjen PBB Solihin Pure dan Ketua DPP PBB Husni di DPP PBB, Jakarta.

BACA JUGA: Bupati Mamberamo Tengah Sudah Tiba di KPK, Lihat Gayanya

Menurut Yehuda, sebelumnya di Papua sudah terbentuk Bappilu Wilayah Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Yahuda saat ini juga menjabat Sekretaris DPW PBB Papua Tengah.

"Setelah saya kembali dari Jakarta, saya akan mendorong masing-masing DPW harus membentuk Bappilu."

"Sebab, dalam waktu dekat akan ada bimbingan teknik dari Bappilu Pusat PBB. Harapan saya dalam satu hingga dua bulan ke depan bisa terbentuk Bappilu,” katanya.

Sementara untuk tingkat DPC, Bappilu sudah terbentuk, hanya tinggal enam kabupaten yang belum terbentuk, tetapi sudah ada pengurusnya.

Oleh karena itu pihaknya akan meminta kepada Bappilu Pusat untuk dibuatkan SK Bappilu DPC, sehingga ketika acara bimtek nanti, enam kabupaten tersebut bisa ikut serta.

Yahuda mengatakan langkah selanjutnya akan segera dilakukan rapat koordinasi di tingkat DPW provinsi baru untuk membentuk panitia dalam rangka rapat koordinasi wilayah (Rakorwil) sekaligus pelantikan pengurus DPW dan Bappilu serta peresmian sekretariat.

”Minggu kedua Maret kami sudah bisa meresmikan kantor sekretariat,” katanya.

Yahuda berharap setelah semuanya terbentuk PBB di seluruh wilayah di Papua bisa langsung bergerak dan melakukan perekrutan bakal calon legislatif (bacaleg) yang berkompeten dan berkualitas tinggi.

”Sudah ada beberapa bacaleg yang sudah kami seleksi, tinggal penyempurnaan saja, sehingga bisa menghasilkan caleg-caleg yang berkualitas,” katanya.

Yahuda dalam pemaparannya lebih lanjut mengatakan pihaknya menargetkan meraih 5 kursi di tiap kabupaten/kota di Papua dan 2 kursi DPRD di tingkat provinsi.

Sementara itu DPR RI, setiap provinsi ditargetkan meraih masing-masing satu kursi.

"Enam provinsi di Papua, harus ada enam legislator di Senayan,” kata Yahuda. (gir/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Bawa Bupati Mamberamo Tengah ke Jakarta


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler