PBNU dan Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Bersilaturahmi, Begini Respons Kiai Said

Selasa, 20 April 2021 – 22:26 WIB
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj bersilaturahmi dengan Duta Besar Republik Rakyat Tingkok (RTT) Xiao Qian, Selasa (20/4). Foto: Humas PBNU

jpnn.com, JAKARTA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersama Duta Besar Republik Rakyat Tingkok (RTT) melakukan silaturahmi secara daring.

Dalam kesempatan itu, Dubes RRT Xiao Qian menyerahkan paket sembako kepada PBNU.

BACA JUGA: Reaksi Keras PBNU, Minta Polisi Segera Tangkap Penista Agama Islam Jozeph Paul Zhang

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok Xiao Qian atas kerja sama, perhatian, dan bantuan yang selama ini diberikan.

“Hari ini dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadan 1442 Hijriyyah, Bapak Duta Besar kembali memberikan bantuan Paket Sembako untuk dibagikan kepada Pondok Pesantren/Santri dan kaum duafa,” kata Kiai Said di Gedung PBNU, Selasa (20/4/21).

BACA JUGA: Pemkot Serang Larang Warung Nasi Buka Siang Hari, PBNU: Terlalu Berlebihan

Menurut Kiai Said, PBNU juga menyampaikan terima kasih atas pemberian bantuan Beasiswa untuk Dosen dan Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama. Termasuk bantuan pembangunan Sanitasi dan MCK di beberapa tempat di antaranya di Jombang Jawa Timur, Lombok Barat NTB; Bakauhehi di Lampung, dan Maros di Sulawesi Selatan.

“Semoga kerja sama antara PBNU dengan Kedutaan Besar Republik Rakyat Tiongkok terus berjalan dengan baik dan terus ditingkatkan. Kami mendoakan semoga Bapak Duta Besar sehat selalu serta diberikan kelancaran dalam menjalankan aktivitas,” katanya

BACA JUGA: Polri Menindak Tegas Joseph Paul Zhang, Begini Reaksi Petrus Selestinus

Pandemi Covid-19 di Indonesia kini memasuki bulan ke-14 dan saat ini adalah Ramadan kedua dalam suasana pandemi, walau belum sepenuhnya terkendali namun perlahan mengalami tren penurunan.

Kiai Said menyebut Pemerintah terus menggalakkan Vaksinasi secara massal serta penerapan protokol kesehatan terus-menerus di seluruh lapisan masyarakat.

“Nahdlatul Ulama sebagai Organisasi Islam terbesar di Indonesia dalam hal ini PBNU terus menerus melakukan supporting Program Vaksinasi masal, juga terus menerus memberikan penyadaran kepada seluruh masyarakat khususnya warga Nahdliyyin untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan),” ujar Kiai Said.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Xiao Qian mengucapkan selamat menjalankan Ibadah di bulan suci ramadan untuk umat muslim Indonesia

"Izinkanlah saya mewakili Kedutaan RRT dan warga Tiongkok menyampaikan salam bulan suci ramadan setulus hati kepada para hadirin dan teman muslim Indonesia," kata Xiao Qian.

Tiongkok dan Indonesia adalah tetangga dekat, mitra baik dan bersahabat sejak tahun lalu hubungan bilateral kedua kepala negara mengatasi pengaruh pademi Kerja sama penangan covid-19 menjadi titik baru dalam hubungan bilateral Tionkok dan Indonesia.

"Sinovac telah sukses uji klinis vaksin di Indonesia dan mengirimkan tiga juta vaksin jadi dan hampir 60 juta bahan baku vaksin kepada Indonesia merupakan sumbangan penting untuk pelaksanaan vaksinasi secara massal di Indonesia," ujar Dubes Tiongkok.

Kedutaan RRT bersama NU (Nahdlatul Ulama) kembali menyalurkan seribu paket sembako.

Xiao Qian berharap selanjutnya PBNU dan Tiongkok terus menjalin kerja sama dan bidang sosial dan pendidikan.

NU merupakan ormas muslim terbesar yang berperan penting di bidang agama, politik dan sosial di Indonesia.

“Pihak Tiongkok bersedia terus memperkuat kerja sama  dengan NU dalam bidang pendidikan, kesejahteraan masyarakat, perlindungan sosial agar terus menjaga persahabatan Tiongkok dan Indonesia," ujar Dubes Xiao  Qian.(fri/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler