PDIP Berbangga Bu Mega Terima Gelar Doktor Kehormatan dari Universitas di Tokyo

Rabu, 08 Januari 2020 – 16:49 WIB
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menerima sertifikat Dr HC dari Rektor Universitas Soka Prof Yoshihisa Baba di Hachioji, Tokyo, Rabu (8/1). Foto: Ara Antoni

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan menyampaikan selamat atas penganugerahan gelar Doktor Kehormatan honoris causa bidang kemanusiaan dari Universitas Soka Tokyo kepada Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri.

PDI Perjuangan menilai penghargaan itu membuat partai memacu misi kemanusiaan sebagai agenda utama.

BACA JUGA: Cerita Bu Mega soal Kandasnya Cita-cita, Tanpa Gelar Sarjana Jadi Kolektor Honoris Causa

"DPP PDI Perjuangan, seluruh kader, anggota, dan simpatisan PDI Perjuangan mengucapkan selamat atas pemberikan gelar doktor kehormatan yang kesembilan kepada Ibu Megawati Soekarnoputri oleh Soka University, Jepang, di Bidang Kemanusiaan," kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam konferensi pers di kantor pusat partai mereka di Jakarta Pusat, Rabu (8/1).

Hasto menilai gelar kehormatan tersebut semakin memperkuat gerak kemanusiaan PDIP di dalam menghasilkan kebijakan politik.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Bu Mega Singgung Nama Anies Baswedan dan Keributan di Natuna

Alumni UGM ini memastikan pihaknya akan menjadi garda terdepan dalam menentang berbagai bentuk ketidakadilan, memperkuat bekerjanya nilai-nilai kemanusiaan di mana setiap warga negara adalah sama.

"Setiap warga negara sederajat kedudukannya di dalam hukum, serta mendorong tekad partai di dalam mewujudkan persaudaraan dunia," jelas politikus asal Yogyakarta ini.

Seperti diketahui, Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menerima gelar Doktor Kehormatan honoris causa dari Universitas Soka, Tokyo, Jepang, Rabu (8/1).

Rektor Universitas Soka Yoshihisa Baba langsung memberikan gelar tersebut kepada Megawati yang juga merupakan Ketua Umum PDIP.

Toshihisa mengucapkan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya terhadap Presiden Kelima Indonesia Megawati.

"Kami merasa terhormat dan gembira karena dapat menganugerahkan Doktor Honris Causa kepada Yang Mulia Ibu Megawati. Gelar ini direkomendasikan langsung oleh Presiden Soka Daisaku Ikeda," ujar Yoshihisa.

Rektor pun menjelaskan riwayat hidup dan kiprah Megawati selama ini. "Di Indonesia banyak politisi laki-laki dibanding perempuan. Jabatan presiden didominasi laki-laki tetapi beliau berani dan menjadi wanita pertama yang menjadi presiden," ucap Yoshihisa.

Selain itu, kata dia, Megawati juga memaksimalkan peran dalam menciptakan kestabilan tidak hanya di Indonesia tetapi juga di negara lain.

Pada acara ini, selain didampingi keluarga, Megawati juga didampingi sederet menteri Kabinet Gotong Royong era pemerintahan Presiden Megawati pada periode 2001-2004.

Penganugerahan gelar ini menjadi doktor honoris causa ke sembilan bagi Megawati. Sebelumnya Megawati telah memperoleh gelar DR HC dari delapan universitas, baik dari Indonesia ataupun mancanegara.

Ke delapan universitas itu adalah adalah DR HC dari Waseda University, Tokyo, Jepang (2001), Moscow State Institute of International Relations, Rusia (2003), Korea Maritime and Ocean University, Korea Selatan (2015).

Kemudian Universitas Padjadjaran Bandung (2016), Universitas Negeri Padang (2017), Mokpo National University, Korea Selatan (2017), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (2018), serta Fujian Normal University, China (2018). (tan/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler