PDIP Bikin Program Pelayanan Kesehatan Gratis, Jika Berjalan Mulus, Bisa..

Kamis, 25 Agustus 2022 – 20:20 WIB
Ketua DPP PDIP Tri Rismaharini saat menghadiri peluncuran Program Pemeriksaan Kesehatan, Pengobatan, dan Kacamata Gratis di kantor DPC PDIP Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/8). Humas DPP PDIP

jpnn.com, BOGOR - DPC PDI Perjuangan meluncurkan sebuah program layanan kesehatan gratis bagi warga di Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang berpotensi memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Kegiatan peluncuran itu dilaksanakan di kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, Jalan Tegar Beriman, Jawa Barat, Kamis (25/8). 

BACA JUGA: Perintah Ketum PDIP Dieksekusi Kader dengan Gelar Program Kesehatan Gratis

Adapun, kegiatan yang dimaksud adalah Program Pemeriksaan Kesehatan, Pengobatan, dan Kacamata Gratis.

Ketua DPP PDIP Tri Rismaharini, Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono, dan anggota DPR RI Fraksi PDIP Adian Napitupulu serta Ribka Tjiptaning hadir dalam acara peluncuran program tersebut.

BACA JUGA: PDIP Minta Penyelenggara Pemilu Objektif dalam Bertugas

Perwakilan MURI Yusuf Ngadri menyebut instansi lain sebenarnya banyak yang menggelar kegiatan yang mirip dengan Program Pemeriksaan Kesehatan, Pengobatan, dan Kacamata Gratis.

Namun, kata Yusuf, kegiatan dari PDIP menjadi berbeda karena durasi waktu dalam memberi pelayanan kesehatan berlangsung tujuh bulan. 

BACA JUGA: Megawati Ingatkan Kader PDIP Tak Boleh Jadi Beban

Hal itu, katanya, bisa memecahkan rekor MURI sebagai kegiatan pelayanan kesehatan terlama.

"Makanya MURI tertarik memantau, apalagi ada layanan pemberian kacamata ke masyarakat. Selain itu, yang dilayani semua jenis penyakit yang mungkin ada," ujar dia ditemui di kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/8). 

Adapun, DPC PDIP Kabupaten Bogor menyiagakan 43 ambulans, dua mobil klinik, dan ratusan ribu sukarelawan selama menggelar Program Pemeriksaan Kesehatan, Pengobatan, dan Kacamata Gratis yang berlangsung di 435 desa. 

MURI, kata Yusuf, akan memantau langsung pelaksanaan program itu.

Termasuk, melihat konsistensi kerja seluruh sukarelawan.

"Kami akan melihat bagaimana stamina seluruh sukarelawan dalam melayani masyarakat untuk bekerja konsisten selama tujuh bulan," ujarnya. 

Sementara itu, politikus PDIP Ribka Tjiptaning menyebut Program Pemeriksaan Kesehatan, Pengobatan, dan Kacamata Gratis merupakan instruksi ketum partai berlambang Banteng Megawati Soekarnoputri

Sebab, kata dia, Presiden kelima RI itu pernah meminta seluruh kader untuk bersama rakyat dalam keadaan apa pun. 

"Beliau bilang ketika sedang berkuasa. Kebahagiaanku bukan karena dekat dengan kekuasaan, tetapi kebahagiaanku ketika menangis dan tertawa bersama rakyat. Ini yang selalu dipegang dan wujudkan," ujar Ribka. 

Dia berharap seluruh sukarelawan kesehatan dari PDIP bisa menjaga stamina agar kegiatan tidak mengendur selama tujuh bulan berlangsung. 

"Kegiatan ini akan dilakukan selama tujuh bulan dengan 400 lebih desa. Saya harap stamina para dokter dan tenaga kesehatan dijaga," ujar dia. 

Diketahui, para sukarelawan kesehatan dari PDIP akan bersiaga di Kabupaten Bogor demi mencari pasien yang sulit mengakses rumah sakit. 

Nantinya, pasien yang sakit berat akan dibawa dengan ambulans untuk dirujuk ke rumah sakit. Jika sakit ringan, pasien akan ditangani oleh dokter yang bersiaga di mobil klinik dari PDIP. (ast/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... PDIP Ungkap Jual Beli Jabatan di Era Anies Baswedan, Naik Sedikit Sudah Rp 60 Juta


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler