PDIP Dukung Habib Mulki di Pilkada Sukabumi

Rabu, 31 Juli 2024 – 22:03 WIB
Ilustrasi - Warga saat mengikuti pencoblosan Pilkada. PDI Perjuangan mendukung Habib Mulki untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sukabumi 2024. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - SUKABUMI - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan mendukung Habib Mulki maju pada Pilkada Sukabumi 2024.

DPP PDIP telah memberikan surat tugas pada Habib Mulki. Kondisi ini membuka kemungkinan munculnya tiga poros pada Pilkada Sukabumi.

BACA JUGA: Mohan Tak Mau Spekulasi Soal Pertemuan Iqbal-Dinda dengan Ketum Golkar

"DPP PDI Perjuangan telah memberikan surat tugas kepada Habib Mulki sebagai bakal calon bupati atau calon wakil bupati untuk maju di Pilkada Kabupaten Sukabumi," ujar Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi Dodi Suhendar di Sukabumi, Rabu (31/7).

Dengan munculnya nama Habib Mulki yang diusung PDI Perjuangan sehingga persaingan di pilkada menjadi tiga poros.

BACA JUGA: PKS Optimistis Eva-Deddy Menang di Pilkada Bandar Lampung

Awalnya hanya ada dua poros, yakni untuk poros pertama Asep Japar (mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi) yang diusung Partai Golkar dan Gerindra.

Sedangkan poros kedua Iyos Somantri yang masih menjabat Wakil Bupati Sukabumi diusung oleh Partai Demokrat.

BACA JUGA: Terbuka Peluang PKB Juga Dukung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Menurut Dodi, politik merupakan hal yang dinamis. Maka dari itu pihaknya terus berkomunikasi dengan berbagai partai politik maupun bakal calon untuk membangun koalisi dan membentuk bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Habib Mulki yang ditugaskan untuk maju pada pilkada ini, kata dia, tidak secara spesifik harus duduk sebagai calon bupati atau calon wabup sehingga bisa saja setelah terbangun koalisi yang bersangkutan ditempatkan sebagai calon bupati atau cawabup.

Saat ini partai meminta Habib Mulki untuk melaksanakan berbagai tugas seperti konsolidasi, mencari pasangan, membangun koalisi, melakukan komunikasi politik, sosialisasi, dan sebagainya.

Kerja-kerja politik tersebut diminta untuk dilakukan sembari menunggu surat rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan terkait dengan pencalonannya.

"Komunikasi politik terus kami jalin dan sudah beberapa parpol yang siap membangun koalisi, tentunya di sisa waktu kurang dari 30 hari menjelang pendaftaran ke KPU Kabupaten Sukabumi berbagai persiapan telah kami lakukan, termasuk membuat strategi pemenangan," tambahnya.

Dodi mengatakan bahwa politik merupakan hal yang dinamis apakah nantinya bakal calon yang diusungnya akan bergabung dengan poros lainnya atau tetap menjadi poros ketiga.

Dia menuturkan bahwa pihaknya masih menunggu perkembangan politik sekaligus ingin membangun koalisi yang memiliki komitmen.(Antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... PDIP Belum Umumkan Jagoannya untuk Pilkada Jakarta & Jateng, Deddy Sitorus: Ada yang Mau Cawe-Cawe


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler