PDIP Gelar Soekarno Run, Usung Tema Berlari di Atas Kaki Sendiri

Minggu, 18 Agustus 2024 – 10:44 WIB
Kegiatan Soekarno Run di Parkir Timur Senayan, Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (18/8). Dokumentasi DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA PUSAT - PDI Perjuangan menggelar Soekarno Run bertajuk Berlari di Atas Kaki Sendiri di Parkir Timur Senayan, Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Jakarta Pusat, Minggu (18/8).

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjadi tokoh yang membuka Soekarno Run dengan didampingi rekannya separtai, Eriko Sotarduga, Wiryanti Sukamdani, dan Deddy Yevri Sitorus.

BACA JUGA: KPK Belum Mengembalikan Buku Catatan PDIP, Konon Pilkada Jadi Alasannya

Pria kelahiran Yogyakarta itu menyebut tema itu diambil agar pemuda dan pemudi harus menggelorakan semangat kemandirian.

"Ini menunjukkan suatu keyakinan kita bahwa sejatinya pemuda dan pemudi Indonesia, pandu bangsa harus menggelorakan suatu semangat yang sama untuk berdiri di kaki sendiri," kata Hasto dalam sambutan sebelum acara dimulai, Minggu.

BACA JUGA: Gelar Soekarno Run di Hari Kemerdekaan RI, PDIP Ajak Semua Pihak Berlari di Atas Kaki Sendiri

PDI Perjuangan membuat tiga kategori dalam Soekarno Run, yakni lomba lari 17 kilometer, delapan kilometer, dan 4,5 kilometer.

Hasto memohon maaf dengan keterbatasan fisiknya, baru mampu berlari sejauh delapan kilometer dalam Soekarno Run.

BACA JUGA: Soekarno Run Membludak, PDIP Harap Anak Muda Warisi Semangat Bung Karno

"Saya pribadi minta maaf, napasnya belum kuat lari sampai 17 kilometer. Maka saya baru delapan kilometer," ujar orang dekat Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Hasto kemudian melihat seorang peserta lari yang mengenakan pakaian Gatot Kaca dan mengingatkan orang tersebut tidak terbang dalam Soekarno Run.

Menurutnya, biar saja cita-cita yang terbang setinggi langit seperti yang pernah diungkapkan Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno.

"Biar yang terbang cita-cita kita seperti kata Bung Karno gantungkan cita-citamu setinggi langit. Sekiranya kamu jatuh, kamu jatuh di antara bintang-bintang," ungkap Hasto.

Diketahui, sejumlah politikus PDI Perjuangan seperti Komarudin Watubun dan Yuke Yurike turut menjadi peserta Soekarno Run. Selain itu, para pelari berasal dari masyarakat umum. (ast/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ikuti Soekarno Run, Ganjar Sebut Bung Karno Tak Pernah Berhenti Walau Ditekan Penguasa


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler