PDIP Makin Solid, Bersatu untuk Memenangkan Ganjar Pranowo

Jumat, 09 Juni 2023 – 20:17 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan bakal capres untuk Pemilu 2024 Ganjar Pranowo saat menghadiri pembukaan Rakernas III PDIP di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (6/6). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Rakernas III PDI Perjuangan memperkuat soliditas kader untuk mengusung dan memenangkan bakal calon presiden Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA) Fadhli Harahab mengatakan dalam rakernas tentu banyak hal yang bisa dibicarakan dan didiskusikan.

BACA JUGA: Kata LaNyalla soal Spanduk Bergambar Dirinya dengan Ganjar Pranowo

Rakernas jadi ajang konsolidasi kader untuk menentukan langkah-langkah strategis menuju Pemilu.

"Ini juga bisa jadi ajang memanaskan mesin politik PDI Perjuangan. Dengan begitu, kader semakin solid, terarah, siap melaksanakan instruksi partai," kata Fadhli, Jumat (9/6/2023).

BACA JUGA: Masuk Radar Bakal Cawapres Ganjar, Sandiaga Uno: Saya Merasa Terhormat

Rakernas III PDI Perjuangan dihadiri Presiden Joko Widodo, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, Ketua DPP Puan Maharani, bacapres Ganjar Pranowo, Sekjen Hasto Kristiyanto dan kader dari berbagai daerah. Pertemuan ini menepis dugaan tidak akurnya hubungan Jokowi dan Megawati.

Kalaupun ada perbedaan pendapat dan pilihan antara keduanya, bagi Fadhli, itu perkara biasa dalam politik.

BACA JUGA: Begini Respons Mahfud MD Soal Dirinya Masuk Radar Pendamping Ganjar

"Apalagi level dua tokoh ini, bukan lagi memikirkan persoalan ecek-ecek, tapi negara. Tentu butuh komunikasi yang baik dan intens."

Menurut Fadhli, perbedaan sudut pandang terkait satu masalah tidak akan membuat Jokowi memilih mendukung bacapres selain Ganjar.

Sebelum PDI Perjuangan mendeklarasikan dukungan, Fadhli sudah yakin Jokowi ingin Ganjar menjadi penerusnya, memimpin Indonesia lima tahun ke depan.

"Sebelum dideklarasikan PDI Perjuangan, saya kira Jokowi sudah menunjukkan banyak gelagat dukungan untuk Ganjar dan sampai saat ini masih konsisten mendukungnya," ujar Fadhli.

Di sisi lain, Partai Perindo menyatakan resmi mendukung Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 usai menandatangani kerja sama politik dengan PDI Perjuangan.

Bergabungnya Perindo menambah energi perjuangan untuk memenangkan Ganjar, karena sebelumnya sudah ada PDI Perjuangan, PPP, dan Hanura.

"Terima kasih, ini bagian dari kerja sama yang membuat energi kita semakin banyak. Karena makin hari makin banyak dukungan dari partai," ujar Ganjar Pranowo usai menghadiri deklarasi dukungan dari Perindo. (flo/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler