PDIP Minta Jokowi Bantu Pemulangan Jenazah Sitor Situmorang

Selasa, 23 Desember 2014 – 13:08 WIB
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Foto JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA -- DPP PDIP mengusulkan kepada pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla membantu memulangkan jenazah penyair Sitor Situmorang dari Belanda. Permintaan ini menyusul harapan keluarga agar dimakamkan di Danau Toba, Sumatera Utara sebagaimana dituangkan dalam sajaknya yang berjudul "Tatahan Pesan Bunda".

"Sitor Situmorang tidak hanya sastrawan angkatan 45 yang berpengaruh. Konsistensi perjuangan dan kesetiaan dengan Bung Karno menjadikan sosok sastrawan tersebut sebagai simbol kesetiaan seorang pejuang," kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Jakarta, Selasa (23/12).

BACA JUGA: Ipar Ani Yudhoyono Sebut Pencalonan Pasek Bakal Mubazir

‎DPP PDIP menyampaikan duka cita yang mendalam atas wafatnya penyair Sitor Situmorang di negeri Belanda.

Dalam catatan PDIP, pada 1959 hingga 1969, Sitor Situmorang memimpin Lembaga Kebudayaan Nasional yang merupakan underbow Partai Nasional Indonesia.

BACA JUGA: Anak Buah Siti Nurbaya Digarap ‎KPK

Hasto menegaskan bahwa Sitor Situmorang menjabarkan nasionalisme melalui karya sastra yang luar biasa. "Seluruh idealisme dan keyakinan politik-kebudayaan yang ditunjukkan Sitor membuatnya lengkap sebagai sosok sastrawan yang memiliki sikap kenegarawanan yang tinggi," papar Hasto.

Karenanya, pemerintahan Jokowi diharapkan dapat memberi perhatian yang sebaik-baiknya terhadap almarhum.  "Spirit yang digelorakan Presiden Jokowi agar Indonesia berkepribadian dalam kebudayaan juga disarikan dari perjuangan para sastrawan seperti Sitor Situmorang," jelas Hasto. (boy/jpnn)

BACA JUGA: BBM Mau Turun, DPR Masih Bicara Interpelasi

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tjahjo dan Zaim Diperiksa KPK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler