PDIP Setorkan Daftar Bacaleg ke KPU, Ada Pesan dari Bu Mega bagi Penyelenggara Pemilu

Kamis, 11 Mei 2023 – 13:28 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat menyerahkan berkas bakal calon anggota legislatif dari parpolnya untuk Pemilu 2024 kepada Ketua KPU Hasyim Asyari di kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (11/5). Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP mendaftarkan bakal calegnya untuk Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengutus sekjennya, Hasto Kristiyanto, mendaftarkan 580 nama bakal caleg dari partai berlambang kepala banteng itu ke lembaga penyelenggara pemilu tersebut pada Kamis (11/5).

BACA JUGA: PDIP Laksanakan Defile Sebelum Daftar Bacaleg ke KPU, Hasto Naik Delman

Hasto datang ke KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, dengan didampingi sejumlah pengurus teras PDIP, antara lain, Ahmad Basarah, Djarot S Hidayat, Yanti Sukamdani, Komarudin Watubun, Utut Adianto, Arief Wibowo, Sri Rahayu, dan Eriko Sotarduga.

Sebelum menyerahkan dokumen bakal caleg PDIP ke KPU, Hasto dalam sambutannya menyampaikan permintaan maaf dari Megawati Soekarnoputri yang tidak bisa hadir langsung untuk proses itu.

BACA JUGA: Berulah Keterlaluan di Depan Djarot & Komar, Murad Ismail Dicopot dari Ketua DPD PDIP Maluku

Menurut Hasto, Presiden Kelima RI itu menyampaikan salam kepada jajaran KPU.

"Bu Mega juga menyampaikan pesan komitmen dari PDI Perjuangan untuk mewujudkan dukungan sepenuhnya untuk KPU," kata Hasto.

BACA JUGA: Bacaleg DPR RI dari PDIP, Ada Once Mekel Sampai Denny Cagur

PEraih gelar doktor ilmu geopolitik dari Universitas Pertahanan (Unhan) itu menjelaskan Megawati sejak sepuluh hari lalu  memerintahkan kader dan simpatisan PDIP membantu KPU dalam proses pendaftaran pemilih. 

"Dengan begitu, daftar pemilih tetap nantinya sebagai instrumen penting untuk meningkatkan demokrasi betul-betul dapat ditingkatkan," kata Hasto. 

Politikus asal Yogyakarta itu menambahkan Kepala Pusat Analisa dan Pengendali Situasi (Situation Room) DPP PDIP M Prananda Prabowo juga berpesan agar proses pendaftaran bacaleg parpol berkelir merah itu bisa seusai dengan tema yang diusung, yakni Kepalkan Tangan Persatuan untuk Indonesia Raya

"Kedatangan kami ke KPU dengan tema sentral Kepalkan Tangan Persatuan untuk Indonesia Raya ini karena juga PDIP nomor tiga, sehingga mengambil spirit persatuan Indonesia (sila ketiga Pancasila, red)," ujarnya. 

Selain itu, Hasto juga menyampaikan pesan Ketua Bidang Politik DPP PDIP Puan Maharani untuk KPU.

"Kami juga menyampaikan salam dari Mbak Puan Maharani, ketua DPP PDI Perjuangan sekaligus Ketua DPR RI, beliau juga menujukkan komitmennya agar penyelenggaraan pemilu berjalan dengan baik demokratis," kata pria berkacamata itu. 

Adapun dalam proses penyerahan dokumen bacaleg DPR RI, Hasto turut didampingi jajaran pengurus DPP PDIP diantaranya Ahmad Basarah, Arief Wibowo, Eriko Sotarduga, Komarudin Watubun, Djarot Syaiful Hidayat, Yanti Sukamdani, hingga Sri Rahayu.(ast/jpnn.com) 

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bu Mega Copot Irjen (Purn) dari Ketua DPD PDIP Maluku, Lalu Tunjuk Benhur Watubun


Redaktur : Antoni
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler