PDIP Sudah Menang 43 Pilkada

Puan Ingatkan Pemenang Untuk Bantu Partai

Rabu, 16 Juni 2010 – 01:20 WIB

JAKARTA - Hampir separo gelombang pilkada (pemilihan kepala daerah) sepanjang tahun ini telah berjalanDi antara 244 pilkada yang dijadwalkan, 92 pilkada telah dihelat

BACA JUGA: Merasa Dicurangi, Jago Demokrat Protes di MK

PDIP cukup puas karena memenangi 43 pilkada
Termasuk pilgub Riau dan Kalimantan Tengah

BACA JUGA: Soal Dana Aspirasi, PDIP Kembali Bantah Golkar


   
"Dari 43 pilkada yang menang itu, 24 pilkada dimenangi kader PDIP," kata Puan Maharani, putri Megawati, dengan nada gembira saat memberikan materi di hadapan puluhan pengurus inti DPP dan DPD dalam rakor bidang internal partai di Kantor DPP PDIP, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (15/6).
   
Puan yang menjabat ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Hubungan Antarlembaga itu mencontohkan kemenangan di Sukoharjo, Jawa Tengah, dan Trenggalek, Jawa Timur
Puan menyampaikan, kunci kemenangan calon-calon dari PDIP dalam pilkada adalah kekuatan mesin penggerak partai dan strategi yang tepat.
   
Selain itu, faktor kepemimpinan, logistik, dan kader militan sangat menentukan

BACA JUGA: MK Nilai Gugatan KPU Manado Salah Alamat

Puan berpandangan, kalau mesin partai berjalan dan soliditas partai terjaga, kemenangan pasti bisa diraih"Tapi, semua kemenangan itu tidak boleh membuat PDIP lengah," katanya.
   
Puan mengingatkan, kenyataan pahit yang dialami PDIP dalam Pemilu 2009Meskipun sebelumnya sukses di hampir separo pilkada, PDIP hanya memperoleh 14,03 persen suara pemilih saat pemilu legislatif nasionalKalah oleh Demokrat dan Golkar.
   
Dia menyebutkan, banyak kepala daerah yang diusung PDIP tidak sepenuhnya loyal saat pemilihan legislatif"Pilkada lalu hampir menang 50 persenTapi, saat pileg (pemilu legislatif, Red) tidak ada yang gerakSemua main dua kakiPDIP nggak bisa kasih sangsi apa-apaKembali etika politik sajaMasak kami demonstrasi minta mereka turun," ujar pemimpin masa depan PDIP itu.
   
Puan mengatakan, seandainya PDIP dalam Pemilu 2009 menjadi juara dua, partainya akan bebas memilih siapa pun cawapresnyaKarena di urutan ketiga, lanjut dia, PDIP agak susah bernegosiasi dengan parpol-parpol lain"Bargaining lebih alotShare 50 - 50Padahal, PDIP dapat 14 persen dan Gerindra hanya 4 persen," ungkapnya, lantas tersenyum kecut.
   
Karena itu, dia mengingatkan, 43 kepala daerah terpilih yang diusung PDIP agar tidak melupakan tanggung jawab politiknyaHubungan dengan PDIP, tegas dia, harus bersifat jangka panjang"Jangan seperti kacang lupa kulitnya," kata Puan.
   
Menurut Puan, menghadapi Pemilu 2014, PDIP harus menyiapkan strategi apakah ingin mengincar posisi presiden atau wakil presidenSiapa calonnya nanti, kata Puan, memang akan diputuskan Ketua Umum PDIP Megawati SoekarnoputriMeski begitu, seluruh jajaran PDIP harus siap memberikan masukan"Kira-kira dari internal siapa, eksternal siapaTapi, semua bisa diputuskan kalau sudah tahu berapa suara kita saat pemilu legislatif," tandasnya.
   
Rakorbid internal partai berlangsung hingga besokDalam pembukaan kemarin, Megawati tidak datang karena tengah berada di luar negeriHadir Sekjen DPP PDIP Tjahjo Kumolo dan Ketua Bidang Kehormatan Sidharto DanusubrotoTampak juga sejumlah ketua DPP PDIP, seperti Bambang Wuryanto, Rano Karno, Idham Samawi, Ribka Tjiptaning, Hamka Haq, Jarot Saiful Hidayat, dan Andreas Pareira(pri/c4)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Identitas Islam Tak Lagi Untungkan Parpol


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler