PDIP Usulkan Pansus JIS, Fraksi Golkar: Enggak Jelas Ujungnya

Jumat, 14 Juli 2023 – 22:01 WIB
Warga DKI Jakarta bakal bisa berolahraga di jogging track yang terletak di atap Jakarta International Stadium (JIS). ilustrasi. Foto: Instagram/aniesbaswedan

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Basri Baco menolak usulan dibentuknya Panitia Khusus (Pansus) terkait polemik Jakarta International Stadium (JIS).

Menurut Basri, pansus di DPRD DKI baru bisa dibentuk bila sudah ditelusuri dan dilakukan audit.

BACA JUGA: PDIP Ingin Bentuk Pansus karena Polemik JIS, Demokrat Pertanyakan Urgensinya

“Kalau harus sampai pansus, Golkar menolak, kecuali setelah dilakukan audit dan pemeriksaan lalu perlu pendalaman lagi mungkin bisa naik pansus,” ucap Basri saat dihubungi, Jumat (14/7).

Pembentukan pansus ini juga dinilai belum tentu bisa menyelesaikan masalah stadion yang dibangun di era Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tersebut.

BACA JUGA: PDIP Minta Penjabat Gubernur DKI Mengaudit Pembangunan JIS

Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta ini pun bahkan menganggap pembentukan pansus justru lebih sarat kepentingan politis.

“Pansus ini kadang lebih besar politisnya daripada substansionalnya. Banyak pansus juga enggak jelas ujungnya,” kata dia.

BACA JUGA: Politikus PDIP Sebut Ada Malapraktik Pembangunan JIS di Tangan Anies

Terlebih, pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dianggap tak melaksanakan keputusan pansus seperti yang sebelum-sebelumnya terjadi.

“Tidak dilaksanakan juga sama eksekutif, padahal sudah capek-capek kami bahas dan dalami di pansus,” tambahnya.

Sebelumnya, Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Dwi Rio Sambodo menduga adanya malapraktik dalam pembangunan JIS.

Hal ini diutarakannya lantaran perusahaan jasa design, rekayasa, dan konsultansi Buro Happold mengaku pembangunan JIS tidak sesuai dengan panduan desain yang mereka berikan.

“Ini menegaskan bahwa ada malapraktik dalam perencanaan dan pembangunan JIS. Tidak mengherankan jika banyak sekali kekurangan fasilitas JIS dan jauh dari standar internasional,” ucap Rio saat dihubungi, Senin (10/7) lalu.

Menurut Rio, beberapa hal memang tak sesuai dengan panduan desain dari Buro Happold antara lain, pembuatan panduan desain (preparation of concept design guide), penilaian untuk soal teknis dan komersial (technical and commercial assessment).

Kemudian, konsep rencana induk untuk area di sekitar stadion (concept masterplan for the surrounding area), dan peta jalan implementasi proyek (implementation roadmap).

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta itu pun mengusulkan agar dibentuk panitia khusus (pansus) DPRD untuk menelusuri adanya kesalahan dalam pembangunan JIS.

“Bentuk Pansus JIS jika dipandang perlu. Apalagi ini sudah menggunakan banyak uang rakyat kan sekitar Rp 4,4 triliun dari PEN dan APBD DKI,” tuturnya. (mcr4/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler