Pedagang Kue untuk Berbuka Puasa, Omzet Rp 1 Juta per Hari

Selasa, 13 Juni 2017 – 00:33 WIB
Para penjual kue takjil. Ilustrasi Foto: Ismail Pohan/JPNN.com

jpnn.com, GORONTALO - Para penjual kue untuk berbuka puasa meraup berkah. Hanya dalam sehari, para pedagang bisa mengantongi pendapatan sekitar Rp 700 ribu hingga Rp 1 juta.

Salah seorang pedagang kue buka puasa Merti Ibrahim ketika diwawancarai Gorontalo Post (Jawa Pos Group) mengatakan, jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya, penjualan kue basah di bulan ramadan mengalami peningkatan luar biasa.

BACA JUGA: Puluhan Anak Yatim Ikut Lomba MTQ di Istana

"Kalau hari-hari biasa cuman bisa dapat omset Rp 200 ribu, di bulan ramadan ini saya perkirakan bisa sampai Rp 1 juta," kata Merti.

Banyaknya permintaan kue basah di masyarakat menurutnya, menjadi salah satu penyebab penjualan meningkat.

BACA JUGA: Razia Indekos Saat Ramadan, Puluhan Pasangan Diamankan

"Kalau puasa biasanya orang malas bikin kue sendiri, jadi mereka lebih banyak membeli," ujarnya.

Di lapak kuenya, Merti menjual beragam macam kue. Sebagaimana pantauan Gorontalo Post, kurang lebih ada 15 macam jenis kue buka puasa yang dijualnya.

BACA JUGA: Ramadan, GarudaFood Berbagi dengan Anak Pemulung

Meylan Usman juga mengakui, para pedagang kue menangguk rezeki di bulan Ramadan. Meylan mengaku menyiapkan dana besar untuk modal dagangan kue dan makanan buka puasa.

"Setiap tahun memang saya siapkan modal banyak untuk dagang kue buka puasa, karena kami juga ingin cari pendapatan lebih untuk lebaran," kata Meylan.

Dalam sehari, seperti pada tahun sebelumnya, Meylan mengaku mampu meraup omset Rp 900 ribu per hari. "Jika benar-benar ramai, bisa lebih dari itu," ujarnya.

Selain kue bikinan sendiri, Meylan mengaku, juga menerima kue titipan. Dimana ia hanya akan mendapatkan fee dari jualannya tersebut.

"Selain kue sendiri, saya juga jual kue titipan orang, kalau kuenya banyak jenisnya orang pasti tertarik datang," ungkap ibu 2 anak ini.

Pantauan Gorontalo Post, harga kue rata-rata dipatok mulai Rp 1.000 per biji dan Rp 5.000 per 4 biji. Untuk puding Rp 5.000 dapat 2 biji.

Di Gorontalo pendagang kue buka puasa kini telah menjamur, terutama di sepanjang jalan HB Jasin (eks Agusalim) Kota Gorontalo, Jalan Palma, dan berbagai sudut kota lainnya.(dan)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ibu-Ibu Golkar Siapkan 44 Truk Sembako untuk Disebar di DKI


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler