Pegadaian Siapkan Strategi Jitu Selama Pandemi Corona

Kamis, 18 Juni 2020 – 04:18 WIB
Ilustrasi pegadaian. Foto: Malut Post/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - PT Pegadaian terus melakukan berbagai inovasi bisnis, meski di tengah pandemi corona. Untuk menjaga pondasi kinerja bisnis Pegadaian, perseroan juga terus meningkatkan sistem digital.

Hingga saat ini Pegadaian terus melakukan sosialisasi untuk mendorong nasabah dalam mengoptimalkan Pegadaian Digital, sehingga bisa bertransaksi di rumah saja.

BACA JUGA: Kinerja Pegadaian Terus Tumbuh di Tengah Pandemi Corona

Cara tersebut disambut baik oleh para nasabah Pegadaian. Tercatat hingga Mei 2020 pengunduh aplikasi Pegadaian Digital sebanyak 1,9 juta.

Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto menjelaskan untuk mencapai target bisnis di tengah kondisi pandemi ini, perseroan terus menyusun strategi dengan menetapkan berbagai regulasi keringanan-keringanan kepada nasabah.

BACA JUGA: Waspada, Pegadaian Tidak Memiliki Program Lelang Secara Online

Regulasi yang disusun oleh Pegadaian seperti penurunan tarif bunga dari 1,2 persen menjadi 1 persen (per 15 hari) untuk roll over kredit gadai, guna membantu nasabah dan menjaga engagement.

"Kami juga melakukan relaksasi dengan perpanjangan masa bebas bunga (grace period) selama 30 hari. Kami juga punya Gadai Peduli (Bebas Bunga) di mana nasabah nantinya dibebaskan bunga untuk pinjaman sampai dengan Rp1 juta selama 3 bulan dan sekaligus program akusisi nasabah," ujar Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto, Rabu (17/6).

BACA JUGA: Waspada! Marak Penipuan Lelang Pegadaian Palsu, Ini Kata Pakar Siber

Saat ini, sambung Kuswiyoto, Pegadaian terus akan mengembangkan model bisnis dan konsep layanan yang meminimalisir kontak antara karyawan  dengan nasabah melalui pemanfaatan teknologi.

Pemanfaatan tersebut seperti Produk Gold Card yaitu konsep kartu kredit berbasis jaminan tabungan emas atau titipan emas.

Kemudian, Transaksi Gadai Via Drop Box yaitu kosep layanan gadai contacties antara nasabah dan karyawan melalui sarana dropbox.

Tidak hanya itu, pemanfaatan teknologi yang dilakukan oleh Pegadaian juga dengan menggunakan Digital Lending, yaitu penyaluran kredit modal produktif (B2B) dengan sistem fidusia dan jaminan invoice melalui platform internal dan High Touch to High Tech.(chi/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler