Pejabat Kemendikbudristek Sebut Keberhasilan PTM Terbatas Ada Pada Guru

Rabu, 01 Desember 2021 – 06:46 WIB
Webinar nasional bertemakan "Pahami Potensi Siswa Menuju Merdeka Belajar". Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan apresiasi atas dedikasi para guru yang terus berjuang mencerdaskan bangsa di tengah pandemi.

Kemenkominfo menyelenggarakan webinar nasional sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Adopsi Teknologi Digital di Sektor Pendidikan yang bertemakan "Pahami Potensi Siswa Menuju Merdeka Belajar".

BACA JUGA: UT Berikan Bantuan UKT Bagi Guru Honorer, Ini Syaratnya

Webinar ini diikuti kurang lebih 3.000 guru dari seluruh Indonesia.

Penyelenggaraan tersebut sebagai salah satu wujud apresiasi pada para guru.

BACA JUGA: Dirjen GTK Optimistis Rekrutmen 1 Juta Guru PPPK Tercapai, Begini Caranya

Direktur Ekonomi Digital Kominfo RI  I Nyoman Adhiarna mengungkapkan pentingnya konektivitas untuk saling mendukung dalam kegiatan digitalisasi khususnya di sektor pendidikan. Kemenkominfo telah menyusun program adopsi teknologi digital di sektor strategis pendidikan.

Sektor pendidikan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat baik Kemendikbudristek atau Kemkominfo, tetapi seluruh stakeholder di sektor pendidikan.

Mulai dari pemerintah provinsi, kabupaten/kota, sekolah negeri maupun swasta, serta pelaku industri di sektor pendidikan untuk bersinergi.

"Guru harus memahami urgensi pemanfaatan teknologi dalam mendukung potensi siswa" ucap I Nyoman Adhiarna.

Yaswadi selaku Direktur GTK Dikmen dan Diksus Kemendikbudristek mengatakan siswa merupakan aset bangsa yang harus diberikan pelayanan optimal. Filosofi belajar yang telah ditanamkan Kemendikbudristek ini sangat simestris, sangat erat sekali hubungannya bagaimana mewujudkan student will be.

"Siswa-siswa yang penuh dengan keceriaan dan kebahagiaan dalam konteks profil pelajar Pancasila," paparnya di acara yang sama.

Indonesia saat ini sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas sambil menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dia menegaskan peran guru dalam keberhasilan PTM terbatas tidak hanya dalam urusan pembelajaran, tetapi juga dalam perlindungan kesehatan segenap pihak yang terlibat. 

Webinar nasional yang dilaksanakan pada 27 November itu menghadirkan narasumber I Nyoman Adhiarna (Direktur Ekonomi Digital Kominfo RI),  Yaswadi (Direktur GTK Dikmen dan Diksus Kemendibudristek), Bukik Setiawan (Ketua Yayasan Guru Belajar), Munif Chatib (Pendiri School Of Human), Syarif Rousyan Fikri (CEO dan CO Founder Pahamify), Usman Djabbar (Ketua Komunitas Guru Belajar Nusantara), Catur N. Oktavian (Ketua Departemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat PGRI). (esy/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : Elvi Robia
Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler