Pelajar Dikerahkan Saksikan Gerhana Matahari Total

Minggu, 06 Maret 2016 – 07:30 WIB
Ratusan pelajar di Bengkulu akan dikerahkan untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total. Foto: AFP

jpnn.com - BENGKULU - Sekitar 500 pelajar se-Kota Bengkulu akan dikerahkan untuk memadati kawasan View Tower untuk mengikuti pemantauan Gerhana Matahari Total (GMT), di Kota Bengkulu.  

"Dikbud sudah mengeluarkan surat edaran ke sekolah-sekolah, dan pagi itu seluruh siswa diarea kawasan itu  menuju View Tower," ungkap Plt Kadis Dikbud Kota Bengkulu, Dra Rosmayetti MM, kemarin. 

BACA JUGA: Oh, Matahari Seperti Bulan Sabit

Pada saat itu, selain mengikuti salat gerhana matahari, siswa akan diedukasi  secara bersama-sama  belajar memahami fenomena alam yang sangat jarang terjadi ini. Meski diakui, 9 Maret bertepatan dengan hari libur nasional (Hari Raya Nyepi), sehingga para pelajar yang dikerahkan bersifat perwakilan  dari sekolah-sekolah di area pemantauan. 

Karena sinarnya akan membahayakan retina mata, Rosmayetti, mengimbau kepada para pelajar agar dalam pemantauan nanti dapat mengenakan kacamata hitam, ini demi melindungi mata dari sinar matahari yang dilepaskan. 

BACA JUGA: Selesai Nikahkan Anak Langsung Dijebloskan ke Rutan KPK

Sementara itu, Kabid Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Bengkulu, Drs H Herman Yatim MM baru-baru ini  mengatakan  kemenag telah berkoordinasi dengan  Pemerintah daerah  provinsi Bengkulu mempersiapkan pemantauan gerhana matahari total pada  Rabu 9 Maret mendatang. Pada pemantauan itu, akan disediakan tiga unit teropong bintang.  "Ada dua unit milik Kemenag dan satu unit milik IAIN Bengkulu, " ungkapnya. 

Teropong ini untuk memfasilitasi  melihat fenomena gerhana matahari tersebut. Yang lokasi pengamatan akan dipusatkan di Benteng Malborough. Pun demikian Kemenag mengimbau kepada  Kemenag kabupaten/kota  dan masyarakat untuk melaksanakan salat gerhana di Masjid.(247/151/ray)

BACA JUGA: Gandeng LHK, Kemenkop Satukan Bank Sampah dan Kampung UKM Digital

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jelang Gerhana, Okupansi Hotel Sudah 70 Persen


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler