Pelajaran Berharga dari Klub Eropa

Selasa, 29 Juni 2010 – 14:47 WIB
HEBAT - Keisuke Honda, salah seorang pemain Jepang yang berkiprah di Eropa, saat tampil dalam laga lawan Kamerun, di Bloemfontein, 14 Juni lalu. Foto: Jeff Mitchell/Getty Images/FIFA.com.
PRETORIA - Membela klub Eropa memberikan banyak pelajaran berharga bagi para pemain JepangSetidaknya pelatih Jepang Takeshi Okada memanggil lima yang berkompetisi di Eropa bergabung dalam skuad Samurai Biru pada Piala Dunia 2010.

Selain gelandang CSKA Moskow Keisuke Honda yang menampakkan sinarnya pada Piala Dunia yang kali pertama dihelat di benua Afrika, masih ada defender Schalke Atsuto Uchida, Daisuke Matsui (Grenoble), Takayuki Morimoto (Catania), dan Makoto Hasebe (Wolfsburg).

Selain itu, masih ada Shunsuke Nakamura yang membela Espanyol di paro pertama musim ini sebelum pindah ke Yokohama Marinos

BACA JUGA: Tulio Pulih, Jepang Tenang

Nakamura pernah malang-melintang di Eropa dengan membela Reggina dan Glasgow Celtic.

Meski gagal bersinar di Eropa, gelandang Kawasaki Frontale Junichi Inamoto juga punya pengalaman bermain di kompetisi Eropa
Gelandang berusia 30 tahun tersebut pernah membela Arsenal, Fulham, West Bromwich Albion, Galatasaray, Eintracht Frankfurt, dan Rennes.

Hasebe yang berstatus kapten Jepang mengakui bahwa faktor bermain di Eropa sangat mempengaruhinya

BACA JUGA: Sama-sama Diganggu Isu Transfer

Dia Secara langsung dia menyebut mantan pelatihnya di Wolsfburg Felix Magath yang begitu berpengaruh padanya.

"Dia (Magath, Red) pernah bilang, kalau ingin memenangkan sebuah pertandingan, maka kami harus memenangkan tekling
Sekarang saya sudah cukup lama bermain di Eropa, saya belajar banyak di Jerman," ujar Hasebe, seperti dilansir DPA.

Berbeda dengan Honda yang begitu tampak bersinar pada Piala Dunia 2010

BACA JUGA: Jepang Kejar Kebanggaan, Hapus Kutukan

Hasebe adalah sosok yang lebih low profile dan kurang mendapatkan sorotanPadahal, dia adalah kapten tim selama Piala Dunia 2010 dan peran dia sangat vital.

Sebagai gelandang bertahan, Hasebe mampu menjalankan perannya dengan baikDia menjadi penyeimbang bagi Yasuhito Endo dan Yuki Abe"Saya bukan pemain yang populerYang populer itu pemain depan," ujar Hasebe.

Dia menjelaskan, pengalaman Honda bermain di Eropa terlebih main di Liga Champions membuat dia semakin matang"Dia adalah pemain yang kuatPunya semangat yang berlipat dan kepercayaan dirinya sangat bagus," ujar Hasebe(ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Santa Cruz Targetkan Perempat Final


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler