Tulio Pulih, Jepang Tenang

Selasa, 29 Juni 2010 – 13:38 WIB
PULIH - Marcus Tulio Tanaka saat beraksi menghadang gerakan Pierre Webo dari Kamerun, dalam pertandingan di Stadion Free State, bloemfontein, 14 Juni lalu. Foto: Martin Rose/Getty Images/FIFA.com.
PRETORIA - Cedera punggung yang menimpa bek tengah Jepang Marcus Tulio Tanaka bikin pelatih Jepang Takeshi Okada sempat khawatirSebab, pemain berusia 29 tahun tersebut selalu menjadi pilihan utama di jantung pertahanan Jepang di penyisihan grup.

Kolaborasi Tanaka dengan Yuji Nakazawa di jantung pertahanan tim berjuluk Samurai Biru itu juga sangat solid

BACA JUGA: Sama-sama Diganggu Isu Transfer

Karena itu, kalau Tanaka tidak bisa bermain di babak 16 besar Piala Dunia 2010 menghadapi Paraguay akan berpengaruh besar.

Apalagi, selama ini, Jepang selalu mengandalkan ketatnya pertahanan sembari menanti peluang melalui serangan balik
Tanpa Tanaka yang selama ini menjadi komandan di lini belakang, pertahanan Jepang dikhawatirkan akan keropos.

Untunglah, cedera yang dia alami tak terlalu parah

BACA JUGA: Jepang Kejar Kebanggaan, Hapus Kutukan

Sehingga Tanaka kemungkinan sudah turun lapangan, meski tidak dalam kondisi 100 persen
"Saya hanya mengalami sedikit cedera pada akhir laga melawan Denmark," ujar Tanaka, seperti dikutip AP.

"Saya baik-baik saja

BACA JUGA: Santa Cruz Targetkan Perempat Final

Anda akan mengalami keletihan yang sangat di saat mengikuti turnamen seperti ini (Piala Dunia, Red)Namun, saya yakin siap bermain tatkala melawan Paraguay di babak 16 besar," bilang pemain Nagoya Grampus itu.

Selain Yuichi Komano yang mengisi bek kanan Jepang, Tulia adalah pemain yang mencatat paling banyak caps di lini belakang JepangSampai saat ini, dia telah mencatat 28 pertandingan dan menyumbangkan delapan gol bagi Jepang.

Nama Tulio sudah lama dikenal di skuad JepangTapi, kian mencuat jelang Piala Dunia 2010Penyebabnya, adalah dua aksi yang dilakukannya pada dua pertandingan uji cobaKetika itu, Jepang menghadapi Inggris dan Pantai Gading.

Melawan Inggris, Tulio menjadi pencetak gol bagi timnya sekaligus juga mencetak gol bunuh diriKemudian, ketika menghadapi Pantai Gading, dia bertabrakan dengan striker Didier DrogbaAkibatnya, striker Chelsea itu mengalami cedera lengan.

Gara-gara cedera setelah berbenturan dengan Tanaka, Drogba nyaris saja dinyatakan tidak bisa bermain di Piala Dunia 2010Namun, dia tetap dipertahankanMeski tidak bisa menjadi starter di pertandingan pertama saat Pantai Gading melawan Portugal.

Di Piala Dunia 2010, ketangguhan lini belakang Jepang telah terbuktiMereka baru kebobolan dua gol dari tiga pertandigan di penyisihan grupSatu gol ketika kalah dari Belanda 0-1 dan satu golnya terjadi tatkala menang 3-1 atas Denmark(ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ronaldo Butuh Bantuan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler