Pelaksanaan Haji Dinilai Berjalan Lancar, Wakil Ketua MPR: Tidak Perlu Dibentuk Pansus

Selasa, 18 Juni 2024 – 20:40 WIB
Wakil Ketua MPR Yandri Susanto menilai pelaksanaan haji tahun ini berjalan lancar sehingga tidak perlu dibentuk pansus. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Yandri Susanto bersyukur dikarenakan dirinya menilai pelaksanaan haji 1445 H berlangsung lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Dia menilai puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina berjalan lancar dan tidak ada tragedi penelantaran dan penumpukan jemaah di Muzdalifah seperti tahun lalu.

BACA JUGA: Innalillahi, Pejabat PLN Meninggal saat Jalani Ibadah Haji

Hal ini disampaikan Yandri Susanto saat meninjau lapangan dan pemondokan jemaah haji Indonesia di Makkah, Arab Saudi, Selasa (18/6).

"Alhamdulillah pelaksanaan haji tahun ini berjalan lancar. Puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina berjalan lancar. Jemaah bisa beribadah secara baik," kata Yandri Susanto dalam keterangan tertulis, Selasa (18/6).

BACA JUGA: Puan Sebut DPR Bakal Bentuk Pansus Haji, Ini Agendanya

Yandri mengatakan proses mobilisasi jemaah dari Arafah ke Muzdalifah dan Mina berjalan lebih baik.

"Data jemaah yang meninggal juga menurun dibandingkan tahun lalu," lanjut Yandri.

BACA JUGA: Berita Duka, 2 Jemaah Haji Asal Kalsel Meninggal di Mina, Berikut Identitasnya

Dalam kesempatan ini, Yandri Susanto juga menyampaikan rencana pembentukan panitia khusus (pansus) terkait hasil temuan Timwas Haji tidak diperlukan.

Upaya evaluasi untuk perbaikan penyelenggaraan cukup dibahas di Rapat Kerja Komisi atau Panja Haji.

"Tidak perlu dibentuk Pansus untuk menyikapi hasil temuan timwas Haji DPR. Evaluasi cukup dilaksanakan melalui Raker," tegas Yandri Susanto.

Salah satu yang disoal adalah terkait bahan baku pangan yang berasal dari Thailand.

Sementara dengan jumlah 240 ribu lebih jemaah asal Indonesia tentu seharusnya bahan baku pangan berasal dari dalam negeri.

Menurut Yandri, inisiasi bahan baku pangan dari Indonesia sudah dimulai ketika dirinya menjadi Ketua Komisi VIII DPR tahun 2019-2022.

Realisasinya keran ekspor untuk pemenuhan bahan baku asal Indonesia sudah dibuka Menteri Perdagangan.

"Saat ini tinggal memaksimalkan pelaku usaha nasional untuk menyiapkan bahan baku pangan yang dibutuhkan oleh jemaah," lanjut Yandri

Namun, kata Yandri lagi, apabila bahan baku dari tanah air belum tersedia, penyelenggara tentunya harus tetap menyediakan konsumsi bagi jemaah walaupun bahan bakunya berasal dari negara lain.

"Perlu kami sampaikan juga bahwa hasil pengamatan di lapangan termasuk ke beberapa pemondokan, Alhamdulillah para jemaah senang dengan pelayanan yang ada, baik dari sisi konsumsi maupun lainnya," ujar Yandri yang juga Waketum Partai Amanat Nasional (PAN). (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler