Pelaku Penembakan Kantor MUI Beli Senjata Api Lewat Polisi Hutan

Selasa, 09 Mei 2023 – 16:02 WIB
Kasubdit Jatanras AKBP Indrawienny Panjiyoga (kiri) bersama Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (20/4/2023) ANTARA/Ilham Kausar

jpnn.com, JAKARTA - Pelaku penembakan kantor MUI Pusat, Menteng, Jakarta membeli senjata api lewat seorang polisi hutan.

Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Indrawienny Panjiyoga menjelaskan pelaku penembakan bernama Mustopa (60) alias M membeli senjata dari H melalui perantara dua orang berinisial D dan N.

BACA JUGA: Ini Jenis Senjata yang Digunakan Penembak Kantor MUI

"Jadi, pelaku M menemui saudara D yang berprofesi sebagai polisi hutan menanyakan soal senjata yang dijual oleh H," katanya.

Kemudian D menghubungi temannya, N yang berprofesi sebagai guru honorer untuk menanyakan tentang senjata yang dicari oleh pelaku Mustopa.

BACA JUGA: PPATK Temukan Aliran Dana Rp 800 Juta di Rekening Penembak Kantor MUI

"Saudara N yang memiliki akses ke H kemudian menghubunginya yang berdomisili di Bandar Lampung yang diketahui menjual senjata airsoft gun dan air gun sejak tahun 2012," kata Indra.

Kemudian pelaku M membayar Rp 5,5 juta kepada D dan N untuk kemudian dibelikan senjata dari H.

BACA JUGA: Ini Rumah Pelaku Penembakan di Kantor MUI, Tak Ada yang Menyangka

AKBP Indrawienny mengatakan ketiganya telah ditetapkan menjadi tersangka.

"Sudah dilakukan penahan," katanya saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Indrawienny menjelaskan ketiga orang tersebut kini masih menjalani proses penyidikan di Mapolda Metro Jaya.

"Ketiga tersangka diancam dengan Undang-Undang Darurat Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1951 Jo Pasal 55 KUHP Jo Pasal 56 KUHP tentang Kepemilikan senjata api secara umum," ucapnya.

Sebelumnya Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi menjelaskan asal-usul kepemilikan senjata jenis air gun yang digunakan M saat melakukan penembakan di gedung MUI Pusat.

"Senjata ini ternyata dibeli dari Lampung, dari seseorang berinisial H, yang profesinya adalah jual beli airsoft gun dan air gun," kata Hengki saat konferensi pers di Jakarta, Jumat. (antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Joko Curiga Menemukan Tas di Belakang Rumah, Anggota TNI Datang, Ternyata Isinya


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler