Pelataran BKB Jadi Pusat Gelaran Sepeda Nusantara Palembang

Sabtu, 20 Oktober 2018 – 21:24 WIB
Suasana ajang Sepeda Nusantara di Palembang, Sumsel. Foto: kemenpora

jpnn.com, PALEMBANG - Palembang ingin menahbiskan dirinya sebagai kota olahraga, setelah sukses menggelar Asian Games 2018.

Kini, kota Pempek tersebut kembali menggelar even olahraga dengn skala peserta yang wah: Sepeda Nusantara, pada Sabtu (20/10)

BACA JUGA: Kemenpora Berikan Penghargaan untuk Pemuda Pelopor Perubahan

Mengambil start dari pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), pegowes yang berjumlah lebih dari 3000 orang itu antusias mengayuh sepedanya sepanjang 23 KM dengan melintasi beberapa ikon kota seperti Monpera (Monumen Penderitaan Rakyat), Jembatan Ampera dan Jakabaring Sport Center (JCS) melalui salahsatu program unggulan Kemenpora dibawah komando Menpora Imam Nahrawi itu.

Wakil Walikota Fitriani Agustinda dalam sambutannya sebelum melepas ribuan pesepeda berkeliling kota, mengatakan jika event seperti ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Palembang.

BACA JUGA: Warga Pringsewu Tunjukkan Animo Luar Biasa di Gala Desa

"Sudah saatnya kita terus memperkenalkan Kota Palembang yang kita cintai salahsatunya melalui olahraga, setelah kita sukses menjadi tuan rumah yang sangat baik saat ajang Asian Games lalu, kemudian pun dalam gelaran Sepeda Nusantara ini," ucap Wakil Walikota Fitriani Agustinda dengan semangat yang "berapi-api".

Wanita berhijab yang akrab disapa Fitri itu juga mengharapkan event-event besar olahraga bisa kembali hadir di kota "Pempek" itu. "Dengan hadirnya event-event besar olahraga di Palembang, tentu saja akan meningkatkan pendapatan masyarakat Palembang," pungkasnya.

BACA JUGA: Pemuda Inspiratif Bogor Bakal Dihibur Stereosky dan Klantink

Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta yang turut hadir dalam Sepeda Nusantara di Palembang ini mengaku bangga terhadap masyarakat Palembang yang ingin membugarkan badannya masing-masing melalui berolahraga terutama dalam Sepeda Nusantara ini.

Dia memaparkan bahwa program Nasional Sepeda Nusantara ini sudah mendapatkan persetujuan dari Komisi X DPR RI di mana program ini juga menjalankan amanat instruksi Presiden no 1/2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

"Setelah Palembang menjadi pembicaraan dunia khususnya Asia melalui ajang Asian Games, serta larut dalam mensukseskan prestasi Indonesia di empat besar dalam pesta olahraga itu, selanjutnya kita harus sepakat membangun olahraga yang non prestasi dengan menguatkan budaya olahraga, agar masyarakat kita yang non atlet harus bergerak sesuai Inpres no 1/2017, supaya kita lebih produktif kedepannya," tuturnya.

"Bersepeda merupakan salahsatu cara untuk mendapatkan kebugaran, tidak menutup aktivitas olahraga lainnya, sekaligus mari kita mengajak saudara-saudara kita yang menyandang disabilitas untuk terus berolahraga. I tinta olahraga untuk semua," tutup Isnanta.

Sementara itu Anggota Komisi X DPR RI, Mustafa Kamal yang hadir mengikuti rangkaian kegiatan Sepeda Nusantara di Palembang, mengatakan dengan bersepeda menyongsong Palembang untuk masa yang akan datang menjadi negeri yang sehat, baik itu jiwa maupun raganya.

"Bangun jiwanya, bangun raganya, seperti penggalan lirik lagu kebangsaan kita yang sering kita nyanyikan. Mudah-mudahan dengan Sepeda Nusantara ini kita menjadi generasi muda yang kokoh menyambut masa depan Indonesia," ungkapnya

Dia juga mengatakan jika program ini menggairahkan masyarakat untuk membangun kebersamaan, kerukunan dalam keberagaman, tapi juga dalam sportifitas olahraga yang menyegarkan dan membugarkan. (dkk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kickoff Cabor Sepak Bola Tandai Start Gala Desa di Bangkalan


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler