Pelindo III Segera Ujicoba Terminal Penumpang Modern Tanjung Perak

Kamis, 05 Juni 2014 – 10:27 WIB

jpnn.com - SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III cabang Tanjung Perak berencana segera menguji coba dan mengoperasikan Terminal penumpang modern pada bulan ini.

"Realisasi pengerjaannya sudah mencapai 90 persen saat ini," ungkap General Manager Pelindo III Eko Harijadi Budijanto dalam siaran tertulisnya, Kamis (5/6).

BACA JUGA: Naik Garuda Bonus Jawa Pos

Terminal yang mampu menampung empat ribu penumpang ini kata Eko, akan dilengkapi berbagai fasilitas dengan konsep bangunan bersifat modern, ramah lingkungan dan hemat energi.

"Hemat energi karena menggunakan lampu LED dengan sistem diming, pendingin menggunakan VRF (variable refrigerant flow) dan outdoor menggunakan scroll type," terang dia.

BACA JUGA: Sharp Patok Jual 1000 Unit Aquos Quattron Pro

Selain itu, Terminal Penumpang Modern Tanjung Perak ini juga dilengkapi dengan dua unit garbarata boarding bridge yang mampu menghubungkan terminal penumpang dengan kapal, melalui fasilitas berupa lorong yang dapat bergerak secara horizontal dan vertikal disesuaikan dengan posisi pintu pada dek kapal.

Garbarata yang dipesan oleh Pelindo III Cabang Tanjung Perak senilai Rp 13,5 miliar ini didesain khusus untuk seaport dengan lebar 1,7 meter dan diangkut dengan 11 trailer menuju Pelabuhan Tanjung Perak dari Jakarta.

BACA JUGA: Pabrik Oleochemical di Sumut Ditarget Beroperasi Akhir 2014

"Rencananya garbarata dari Jakarta dalam bentuk knock down ini akan langsung dirakit dengan perkiraan pekerjaan perakitan membutuhkan waktu selama 14 hari ke depan," seru Eko. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Unilever Bagikan Dividen Rp 5,3 Triliun


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler