Peluang Ekonomi Digital, Masyarakat Diajak Gunakan Aplikasi Ini

Rabu, 31 Agustus 2022 – 08:35 WIB
Ilustrasi domain internet. Foto: PANDI

jpnn.com, JAKARTA - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) mengajak masyarakat menggunakan aplikasi S.ID dan U.ID.

Ajakan itu disampaikan dalam acara Indonesia Digital Resilience Conference and Expo (ID-RES) di Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Waduh! Domain dan Subdomain Pemerintah Alami Kebocoran Data Kredensial Mailserver

Aplikasi U.ID sebuah layanan yang dapat digunakan pengguna untuk melakukan akses, autentikasi, dan otorisasi yang dikelola PANDI.

"Dengan U.ID, kami berharap makin banyak layanan digital di Indonesia yang menggunakan U.ID sebagai Single Sign On,” ucap Kepala Operator Registri PANDI Dwi Widiastuti, dalam rilisnya, Selasa (30/8).

BACA JUGA: Tangan Ferdy Sambo Diborgol Plastik, Putri Berinisiatif, Heemm

Dwi Widiastuti menjelaskan kegiatan ID-RES digelar selama 2 hari pada 24-25 Agustus lalu.

ID-RES diisi berbagai konferensi dan beragam talkshow dengan topik menarik terkait dunia digital, peluncuran PANDI Institute, dan lain-lain.

BACA JUGA: Sejak 23 Agustus, Putri Candrawathi Sudah Tidak Boleh Lakukan Ini

"Selain itu, untuk meningkatkan inovasi pemanfaatan U.ID, PANDI menyelenggarakan kompetisi pemanfaatan U.ID atau hackhaton U.ID yang presentasi dan penjuriannya dilakukan saat ID-RES berlangsung,” jelas Dwi.

Selanjutnya, COO PT Aidi Digital Indonesia M Shidiq Purnama, pada sesi talkshow Digital Marketing Tools, membeberkan data soal prospek ekonomi digital yang sangat besar di Indonesia.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi S.ID.

Berdasarkan riset We Are Social dan Kepios, sebanyak 40,3 persen pengguna internet mengetahui merek satu produk dari mesin pencarian dan 35,7 persen dari iklan media sosial.

"Oleh karena itu, PT Aidi Digital Indonesia mengajak masyarakat khususnya para pelaku bisnis untuk menggunakan salah satu platform Digital Marketing Tools, yaitu S.ID. Platform ini menawarkan suatu microsite yang bisa menjadi wadah untuk menggabungkan beberapa tautan dari berbagai marketplace/media sosial dalam satu link di S.ID,” dia menambahkan.

ID-RES juga menggelar talkshow menarik dengan topik Living with Technologies.

“Harapannya dengan kegiatan ID-RES, diskusi dan masukan dari publik, kita semua dapat bersama-sama mengembangkan dunia digital di Indonesia agar dapat memberikan lebih banyak manfaat positif sehingga kedaulatan internet dapat bersama-sama diraih,” pungkas Dwi. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PANDI Sebut Ratusan Ribu Domain id Terdaftar di Indonesia Sepanjang 2021


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler