Peluang Merebut Modal Awal

Sabtu, 12 Juni 2010 – 05:11 WIB
SPIRIT - Salah satu suasana latihan tim Korsel di Stadion Olympia Park, Rustenburg, Minggu (6/6) lalu. Foto: AFP Photo/Jung Yeon-je/FIFA.com.

PORT ELIZABETH - Korea Selatan (Korsel) menjadi tumpuan Asia di Piala Dunia 2010Sebab, skuad Negeri Ginseng itu merupakan tim yang paling sukses di ajang ini

BACA JUGA: Dua Hasil Imbang, Afsel Berbangga

Korsel sudah tujuh kali merasakan atmosfer Piala Dunia
Mereka bahkan pernah menembus fase semifinal di Piala Dunia 2002.

Tapi, kans untuk mengulang prestasi manis 2002 rasanya cukup berat

BACA JUGA: Diwarnai Kartu Merah Perdana

Alih-alih bisa menembus semifinal
Bisa melewati fase penyisihan grup saja sudah bagus

BACA JUGA: Mokoena: Ini Awal yang Baik

Pasalnya, di Grup B, Korsel bergabung dengan Argentina, Nigeria, dan Yunani.

Namun, Korsel pantang diremehkanMereka bertekad untuk melangkah sejauh mungkin di turnamen iniKarena itu, mereka akan all out untuk merebut modal awal saat menghadapi Yunani di Stadion Nelson Mandela, Port Elizabeth petang nanti (siaran langsung Global TV pukul 18.30 WIB).

Korsel punya bekal positif dalam melakoni laga perdananya di AfselBeberapa pemain bintang yang sebelumnya cedera kini sudah pulih dan siap tempurAntara lain striker Lee Dong-Gook dan kapten Park Ji-sung yang keduanya pulih dari cedera hamstring.

Bekal positif lainnya adalah performa yang stabilKorsel tidak terkalahkan selama babak kualifikasi dan tampil cemerlang di partai uji cobaAntara lain dengan mengalahkan Pantai Gading, Ekuador, dan JepangDi laga paling akhir, skuad besutan Huh Jung-Moo itu sempat merepotkan jawara Eropa Spanyol dan hanya kebobolan satu gol lewat aksi Jesus Navas ketika pertandingan sudah memasuki menit ke-86Padahal di laga itu Korsel tidak tampil komplet dan bermain di kandang lawan.

Sebaliknya, Yunani tampil tertatih tatih selama kualifikasiSkuad besutan Otto Rehhagel itu baru bisa memastikan satu tiket ke putaran final lewat babak playoff melawan UkrainaTorehan selama pertandingan pemanasan juga burukDi mana, dari tiga kali uji coba di kandang sendiri Yunani kalah dua kali dari seri sekali.

"Di mata kami, pertandingan melawan Yunani adalah yang paling penting di fase penyisihan grupJika kami berhasil menang, maka kami punya kans tampil beda saat melawan Argentina dan Nigeria," cetus defender Lee-Young-Pyo, seperti dilansir situs FIFA.

Sementara itu, pelatih Yunani Otto Rehhagel sadar dengan kondisi timnyaPelatih asal Jerman itu mengingatkan pemainnya agar tidak meremehkan lawan"Negara seperti Korsel punya spirit tim dan semangat bertanding yang hebatKami tidak akan mengecewakan rakyat YunaniPemain tidak boleh menganggap mereka sebagai salah satu tim terbaik duniaTidak boleh sama sekali," tegasnya(ali/bas)

Perkiraan Pemain

Korea Selatan (4-4-2): 1-Lee Woon-Jae, 2-Oh Beom-Seok, 14-Lee Jung-Soo, 4-Cho Yong-Hyung, 12-Lee Young-Pyo, 16-Ki Sung-Yueng, 8-Kim Jung-Woo, 13-Kim Jae-Sung, 17-Lee Chung-Yong, 10-Park Chu-Young, 19-Yeom Ki-Hun
Pelatih: Huh Jung-Moo

Yunani (4-4-2): 12-Alexandros Tzorvas, 4-Nikos Spiropoulos, 11-Loukas Vintra, 16-Sotiris Kyrgiakos, 21-Kostas Katsouranis, 19-Sokratis Papastathopoulos, 6-Alexandros Tziolis, 10-Giorgios Karagounis, 7-Georgios Samaras, 14-Dimitrios Salpigidis, 9-Angelos Charisteas
Pelatih: Otto Rehhagel

Stadion: Nelson Mandela Bay Stadium, Port Elizabeth
Wasit: Michael Hester

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gol Marquez, Meksiko Samakan Kedudukan 1-1


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler