Pembacok Anggota Brimob Itu Tewas Diterjang Timah Panas

Rabu, 01 November 2017 – 16:57 WIB
Pistol. Ilustrasi: YouTube

jpnn.com, TAPSEL - Satuan Reserse Kriminal Polres Tapsel akhirnya menembak mati pelaku pembacokan terhadap Bripka DM, anggota Brimob Den C Sipirok, Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara, Rabu (1/11).

Pelaku bernama Muhammad Hasan itu juga dikenal sebagai gembong jaringan perampok sadis di daerah itu.

BACA JUGA: Terungkap, Korban Cabul Karyawan Itu sudah Sembilan Anak

“Tersangka Hasan sudah sangat meresahkan masyarakat. Dia ini juga yang membacok anggota Brimob Den C Sipirok saat melakukan pengamanan terhadap kebun di Palas,” ujar Kapolres Tapsel AKBP Muhammad Iqbal Harahap di RS Bhayangkara Medan, Rabu (1/11).

Dijelaskannya, kasus pembacokan terhadap Bripka DM bermula ketika ada warga masyarakat yang hendak mengambil alih lahan milik perkebunan beberapa waktu lalu. Lantas, aparat Brimob melakukan pengawalan.

BACA JUGA: Istri Korban Pembantaian Itu Bantah Selingkuh dengan Pelaku

Namun, Bripka DM justru dibacok pelaku dan kemudian buron. Beberapa kali hendak ditangkap dia berhasil lolos.

“Ada mobil polisi yang hancur sewaktu akan penangkapan pelaku dan rekannya sebelum ini. Bahkan, mereka juga akses jalan hingga menuju ke Riau supaya polisi tidak bisa masuk. Lalu kita dengan kekuatan penuh koordinasi ke Polda untuk mem-back up, dan kita tangkap sebanyak enam orang yang merupakan rekan-rekan pelaku,” sebut Iqbal.

BACA JUGA: Nekat Dekati Istri Pelaku Lantaran Ngaku sudah Ditalak Tiga

Lantaran Hasan belum berhasil diciduk, dia terus diburon tidak ditemukan. Akhirnya, polisi mendeteksi keberadaan tersangka di Sunggal.

“Saat ditangkap, tersangka Hasan melawan dan membahayakan anggota. Maka dari itu, dilakukan tindakan tegas dan terukur dengan menembaknya hingga kemudian tewas,” ungkap Iqbal.

Dia menyebutkan, selain tersangka Hasan turut ditangkap dua rekannya berinisial R dan A. Keduanya juga ditembak tetapi masih selamat.

“Sebelum menangkap ketiganya, polisi telah menangkap enam orang anggota jaringan ini. Mereka ini kerap merampok dan berbuat onar di wilayah hukum Polres Tapsel,” beber Iqbal.

Dia menambahkan, dari hasil penyelidikan sejauh ini sedikitnya ada 46 laporan polisi atas kejahatan para tersangka.

Dalam aksinya, para tersangka kadang melakukan perampokan dengan menyetop mobil sawit lalu menurunkan sawit. Apabila ada yang melawan, pelaku tak segan menghajarnya.

“Selain pasal 365 KUHPidana, para pelaku dijerat pasal 363, 351 dan 170, dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun kurungan penjara,” tandasnya. (fir)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ungkap Pembantaian di Tapsel, Polisi Cari HP Istri Korban


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler