Pembangunan Tol Yogyakarta - Bawen Dimulai, Semoga Membawa Kesejahteraan

Kamis, 31 Maret 2022 – 02:01 WIB
Ilustrasi tol. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.

jpnn.com, YOGYAKARTA - Sekretaris Daerah DI Yogyakarta R Kadarmanta Baskara Aji berharap pembangunan konstruksi Tol Yogyakarta-Bawen bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Dia yakin pembangunan jalan tol penghubung Yogyakarta, Jawa Tengah, dan daerah sekitarnya di Pulau Jawa itu akan memperlancar transportasi barang, logistik, maupun penumpang.

BACA JUGA: Aturan Batas Kecepatan di Tol Berlaku untuk Semua Kendaraan, Termasuk Mobil Sport

"Kami berharap, jalan tol ini juga membawa kesejahteraan bagi masyarakat, karena dengan adanya jalan tol akan lebih mudah, cepat, dan efisien," kata Aji.

Melalui jalan tol tersebut, menurut dia, Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) dapat dimanfaatkan secara optimal.

BACA JUGA: Di Hadapan Jajarannya, Jenderal Andika Bicara Soal Keturunan PKI, Instruksi Tegas!

"Destinasi wisata di DIY juga dapat dikunjungi dengan mudah oleh masyarakat," tambah dia.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengakui pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen memiliki tantangan yang cukup tinggi.

BACA JUGA: Buka Rekaman CCTV, Mbak DA Kaget Tubuhnya Ditindih Oknum Satpol PP

Pasalnya proyek tersebut harus menjaga kawasan cagar budaya, kelestarian lingkungan, melewati trase yang melewati potensi gempa, sungai lahar dingin, hingga wilayah mata air yang harus dijaga.

"Dalam membangun jalan tol ini kami harus cepat, tetapi juga tetap harus menjaga kualitas, mutu, memastikan keselamatan konstruksi hingga menggunakan produk-produk dalam negeri," jelas Hedy.

Dia meyakini pembangunan jalan tol itu dapat meningkatkan peran Kota Yogyakarta sebagai pusat perkembangan ekonomi di Jawa bagian Selatan.

Tol Yogyakarta-Bawen memiliki total panjang 75,82 km dengan periode konsesi selama 40 tahun dan nilai investasi sebesar Rp 14,26 triliun.

Tol akan melintasi Provinsi Jawa Tengah sepanjang 68,17 km dan DIY sepanjang 7,65 km.

Pembangunan konstruksi Tol Yogyakarta-Bawen resmi dimulai dengan ditandai peletakan batu pertama di Kelurahan Tirtoadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Waktu Subuh, Selvi Membuka Jendela Kamar Adiknya, Kaget!


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler